Orang Terkaya Hong Kong Li Ka Shing Ternyata Punya Saham di Zoom

Rahmat Fiansyah ยท Selasa, 14 April 2020 - 10:56 WIB
Orang Terkaya Hong Kong Li Ka Shing Ternyata Punya Saham di Zoom

Orang terkaya Hong Kong, Li Ka Shing. (Foto: AFP)

HONG KONG, iNews.id - Zoom mendadak menjadi aplikasi populer selama penerapan work from home (WFH) akibat wabah Covid-19. Li Ka Shing, orang terkaya di Hong Kong ternyata memiliki saham di Zoom Video Communications Inc.

Dikutip dari Bloomberg, Selasa (14/4/2020), Li tercatat menjadi investor awal untuk startup yang berbasis di San Jose, AS itu. Pria berusia 91 tahun itu mempunyai 8,6 persen saham di Zoom.

Li mempunyai saham Zoom lewat tiga perusahaan investasi atau modal ventura. Salah satunya Horizons Ventures yang terlibat dalam pendanaan Zoom seri B senilai 6,5 juta dolar AS pada 2013 dan seri C sebesar 30 juta dolar AS pada 2015. Ketika Zoom IPO di bursa Wall Street, valuasi saham Li di perusahaan itu menembus 850 juta dolar AS.

Investasi Li di Zoom membuahkan hasil. Di saat bisnis infrastruktur dan real estatenya melempem, bisnis teknologi Li  menguntungkan. Dalam satu tahun terakhir, harga saham Zoom melonjak 80 persen sehingga membuat nilai saham Li di perusahaan teknologi itu menyentuh 2,9 miliar dolar AS.

Selain Li, pemegang saham awal juga kecipratan rezeki dari popularitas Zoom. Salah satunya Co-founder Yahoo, Jerry Yang, yang juga menjadi investor awal Zoom.

Editor : Rahmat Fiansyah