Google Larang Karyawannya Gunakan Zoom di Komputer Kantor

Dini Listiyani ยท Kamis, 09 April 2020 - 13:27 WIB
Google Larang Karyawannya Gunakan Zoom di Komputer Kantor

Aplikasi Zoom (Foto: Play Store/Zoom)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - SpaceX telah melarang karyawannya menggunakan aplikasi konferensi video Zoom. Kini, giliran Google yang melarang karyawannya mengunduh dan menggunakan Zoom di komputer kerja mereka.

Google mengumumkan kebijakan barunya dalam sebuah e-mail ke karyawan pekan lalu. Larangan menggunakan Zoom, kata juru bicara Google Jose Castaneda, disebabkan karena aplikasi tidak memenuhi standar keamanan perusahaan.

“Baru-baru ini, tim keamanan kami memberitahu karyawan yang menggunakan Zoom Desktop Client itu tidak akan lagi berjalan di komputer perusahaan karena tidak memenuhi standar keamanan kami untuk aplikasi yang digunakan oleh karyawan kami,” kata Castaneda yang dikutip dari Digital Trends, Kamis (9/4/2020).

Menurut Castaneda, karyawan yang telah menggunakan Zoom untuk tetap berhubungan dengan keluarga dan teman dapat terus melakukannya melalui browser web atau ponsel. 

Keputusan Google menyusul tindakan SpaceX yang lebih dulu melarang karyawannya tidak menggunakan Zoom karena masalah keamanan. Menurut Reuters, NASA juga telah melarang stafnya menggunakan aplikasi konferensi video tersebut.

Untuk diketahui, popularitas Zoom meningkat di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Selain popularitasnya, Zoom juga disorot terkait masalah keamanan dan privasi.

Investigas baru-baru ini oleh Motherboard mengungkapkan, aplikasi iOS Zoom mengirimkan beberapa data mengenai pengguna ke Facebook. Data yang dibagikan termasuk lokasi orang dan perangkat mana yang digunakan.

Sejak laporan itu keluar, Zoom memperbarui aplikasi iOS-nya untuk berhenti mengirim data ke Facebook. Ada juga masalah zoombombers atau troll internet yang dapat dengan mudah menyelinap ke meeting dan mengirim konten yang tidak pantas ke orang lain di ponsel.

Editor : Dini Listiyani