Pacu Produksi Minyak, Pertamina Hulu Rokan Bor 376 Sumur Baru di Tahun Ini

Mochamad Rizky Fauzan ยท Senin, 08 Agustus 2022 - 14:48:00 WIB
Pacu Produksi Minyak, Pertamina Hulu Rokan Bor 376 Sumur Baru di Tahun Ini
Pertamina Hulu Rokan mengebor 376 sumur baru Blok Rokan, Riau. Foto: Dok Pertamina

JAKARTA, iNews.id - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Riau gencar melakukan pengeboran beberapa sumur minyak baru untuk memacu produksi minyak mentah. Sampai saat ini, PHR telah melakukan pengeboran di 376 sumur baru di Blok Rokan, Riau, untuk memperoses pengolahan minyak mentah. 

"Ada 376 sumur baru tahun ini. Artinya satu sumur baru per harinya. Tentunya sumur-sumur yang ada kita lakukan kegiatan agar bisa menaikkan produski (minyak mentah)," kata Direktur Utama PHR, Jaffee A Suardin, Senin (8/8/2022). 

Menurut dia, untuk memaksimalkan pengolahan 376 sumur baru, PHR berupaya menambah alat bor (rig) menjadi 79 unit. "Kita tambah alat-alat yang ada, Insya Allah tambah 27 rig. Jadi yang sudah ada 52 rig plus 27 rig, total jadi 79 rig  yang ada di Blok Rokan," ujar Jaffee.

Dia mengungkapkan, karena kinerja yang maksimal itu, pihak PT PRH menjadi perusahaan negara yang paling produktif dalam menyumbang minyak di Pertamina maupun secara nasional.

"Kita menjaga produksi 31 persen minyak se-Pertamina , 26 persen se-nasional. Kita juga bisa menyumbang ke negara pajak sebesar Rp30 triliun kepada negara," tutur Jaffee.

Jaffe mengungkapkan, hingga akhir Juli 2022, PHR mampu memproduksi minyak mentah hingga 161.000 barel per hari. Capaian itu, meningkat sejak Pertamina mengambil alih Wilayah Rokan dari perusahaan minyak PT Chevron Pacific Indonesia pada 2021 lalu.

"Per Juli kita berhasil memproduksi 161.000 barel per hari. Ini merupakan produksi kegiatan yang masif dan agresif," kata Jaffee. 

Dia berharap pembuatan sumur untuk tahun ini bisa mencapai target hingga 500 titik. Untuk diketahui, terdapat 16.800 sumur di wilayah kerja Rokan terhitung pada 2022.

Pengeboran itu dilakukan di sumur baru yang berlokasi Blok Rokan yang menjadi Wilayah Kelolaan PHR, yang mencakup tujuh kabupaten/kota di Provinsi Riau, yaitu Kabupaten Siak, Bengkalis, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Kota Pekanbaru, dan Kota Dumai.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda