Pakistan Blokir TikTok karena Jadi Sarang Video Amoral

Djairan ยท Sabtu, 10 Oktober 2020 - 05:00:00 WIB
Pakistan Blokir TikTok karena Jadi Sarang Video Amoral
Pakistan memblokir platform berbagi video asal China, TikTok karena menjadi sarang bagi konten-konten amoral. (Foto: ilustrasi/AFP)

ISLAMABAD, iNews.id - Pakistan memblokir platform berbagi video asal China, TikTok. Aplikasi itu dinilai menjadi sarang bagi konten-konten amoral.

Otoritas Telekomunikasi Pakistan (PTA) menyatakan, pemblokiran diterapkan usai banyaknya keluhan dari masyarakat soal aplikasi yang dinilai menyebarkan banyak video yang tak senonoh.

Juru Bicara PTA mengatakan, TikTok memiliki 20 juta pengguna aktif di Pakistan, sehingga menjadikannya sebagai aplikasi media sosial terpopuler ketiga setelah WhatsApp dan Facebook.

Menurut dia, pemblokiran itu tak terelakkan karena TikTok telah diberikan kesempatan dan gagal menyaring konten-konten amoral. Peringatan terakhir diberikan sekitar Juli 2020.

"Kami telah meminta berkali-kali untuk membuat suatu mekanisme untuk memblokir konten amoral dan tak senonoh," kata salah satu pejabat PTA, dilansir Reuters, Sabtu (10/10/2020).

Sementara Juru Bicara TikTok mengatakan, perusahaan berkomitmen mengikuti aturan yang ada di Pakistan. Saat ini, TikTok terus berkoordinasi dengan PTA.

"Kami terus berkomunikasi dengan PTA dan terus bekerja sama dengan mereka. Kami berharap bisa mencapai titik kesepakatan sehingga bisa terus melayani negara dan komunitas online yang kreatif," katanya.


Editor : Rahmat Fiansyah