Pamer Keindahan Gedung Daendels, Sri Mulyani : Ini Bukan di Eropa

Jeanny Aipassa ยท Selasa, 16 Agustus 2022 - 07:01:00 WIB
 Pamer Keindahan Gedung Daendels, Sri Mulyani : Ini Bukan di Eropa
Gedung AA Maramis atau dikenal dengan Gedung Daendels. (Foto: Instagram Sri Mulyani)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, memamerkan keindahan Gedug AA Maramis Kementerian Keuangan atau yang dikenal sebagai Gedung Daendels yang berlokasi di Jalan Lapangan Banteng Timur, Jakarta Pusat. 

Saat malam hari, Gedung Daendels dipenuhi cahaya lampu sehingga terlihat berwarna putih dengan tiang-tiang gotik yag mkembuatnya nampak seperti pemandangan din eropa

"Foto indah ini bukan gambar dan suasana di Eropa. Foto ini adalah Gedung AA Maramis Kementrian Keuangan atau yang selama ini dikenal dengan Gedung Daendels berlokasi di Jalan Lapangan Banteng Timur," kata Sri Muolyani, dalam unggahan di akun Instagramnya @smindrawati, Senin (15/8/2022).

Dia menjelaskan, Gedung Daendels adalah gedung bersejarah terbesar di Asia Tenggara ini dibangun pada 7 Maret 1809, lebih dari 200 tahun (dua abad) yang lalu.

Mengutip situs Kementerian Keuangan, Gedung Daendels dibangun oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Herman William Daendels, pada 7 MAret 1809. Pembangunan gedung tersebut bertujuan untuk memindahkan Istana Batavia dari kawasan kumuh di muara Sungai Ciliwung ke pusat ibu kota baru Weltevreden

Gedung ini akhirnya digunakan sebagai kantor urusan keuangan negara dan sejumlah instansi pemerintah. Sejak 1828 hingga 1942 kemudian berlanjut kekuasaan Jepang di Indonesia periode 1942-1945 serta jaman NICA tahun 1945-1949.

Pada tahun 1950 gedung tersebut diserahkan kepada Negara Republik Indonesia kemudian digunakan sebagai kantor Kementerian Keuangan RI dan dijadikan tempat kerja oleh Menteri Keuangan pertama yakni Alexander Andries (AA) Maramis.

Pada tahun ini, Kementerian Keuangan memugar Gedung Daendels, termasuk memberikan pencahayaan yang membuatnya semakin terlihat indah pada saat malam hari. 

Sri Mulyani mengatakan, di gedung bersejarah tersebut, Kementerian Keuangan akan mengadakan Upacara Kemerdekaan RI ke-77, pada 17 Agustus 2022. 

"Gedung bersejarah terbesar di Asia Tenggara ini dibangun pada 7 Maret 1809, lebih dari 200 tahun (dua abad) yang lalu. Di lokasi ini Kementrian Keuangan akan melaksanakan upacara Kemerdekaan Indonesia ke 77 tahun pada tanggal 17 Agustus 2022 jam 7 pagi," ujar Sri Mulyani. 

Menkeu menuturkan, Gedung Daendels menjadi pengingat perjuangan Bangsa Indonesia dan para pendahulu yang telah merebut Kemerdekaan Indonesia kembali.

"Tugas kita mengisi dan terus membangun Indonesia hingga mencapai cita-cita Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia- menjadi negara maju, bermartabat, berwatak dan bermoral mulia, adil dan makmur. Dirgahayu Republik Indonesia ke-77," ungkap Sri Mulyani

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda