Pandemi Covid-19, Pelaku Bisnis Makin Tergantung Sistem Digital
JAKARTA, iNews.id - Tantangan pandemi Covid-19 sepanjang 2020 telah memperjelas lansekap bisnis di era digital dan New Normal. Meskipun aktivitas masyarakat di luar rumah berkurang, tapi mereka semakin terbiasa berkegiatan secara online.
Tak heran, pasar online kini memiliki porsi semakin besar.
Laporan terbaru Asosiasi Pengelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) hingga kuartal II 2020, pengguna internet di Indonesia mencapai 196,7 juta atau 73,7 persen dari populasi. Hal itu mendorong kahadiran infrastruktur internet yang semakin merata dan transformasi digital yang masif.
Bagi para pelaku bisnis fakta tersebut dapat dijadikan acuan dalam menjalankan bisnis di masa depan. Porsi pasar online semakin besar harus digarap dengan maksimal.
Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah bagaimana brand semakin di ranah digital. Untuk mewujudkannya dapat dilakukan melalui aktivitas branding dan public relation yang semakin kreatif melalui platform digital.
“Dengan kata lain, setiap brand perlu terus bergerak cepat dan lincah mengikuti arah perubahan lingkungan bisnis dalam menyongsong era revolusi industri generasi keempat (4.0) ini. Karena kemajuan sebuah brand sangat ditentukan bagaimana cara kita untuk mampu adaptif terhadap perkembangan zaman, kemudian menghadirkan brand ke hadapan pelanggan potensial melalui cara yang mudah dan simpel,” ujar CEO Tras N Co Indonesia, sekaligus penggagas Indonesia Digital Popular Brands Award 2020, Tri Raharjo, dalam video conference, Rabu (16/12/2020).
Untuk mengakomodir aktivitas digital yang telah dilakukan para pelaku brand, Infobrand sebagai number one brand media, bekerja sama dengan Franchise Global memberikan apresiasi melalui Indonesia Digital Popular Brands Award 2020.
Tri mengatakan, para peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 adalah brand-brand yang telah beradaptasi dengan baik terhadap era disruptif teknologi saat ini. Para pelaku brand tidak hanya semakin kreatif dalam berpikir dan bertindak, namun juga konsisten dari upaya memaintain digital brand secara berkesinambungan dalam membangun dan membesarkan mereknya.
Untuk menentukan para peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2020, telah dilakukan Survei Indonesia Digital Popular Brand Index 2020 pada bulan Agustus–Oktober 2020, kepada 125 kategori produk dan lebih dari 1.000 brand tersurvei di Indonesia, dengan 3 parameter penilaian digital, yaitu; Search Engine Based, Social Media Based, dan Website Based.
Dari hasil survei yang dilakukan, menemukan 10 kategori teratas dalam daftar Ulasan Halaman Mesin Pencari Terbanyak dan Rata-Rata Pencarian Terbanyak. Adapun daftar 10 kategori dengan ulasan terbanyak adalah, Aplikasi Booking Penginapan/Hotel, disusul Multiplatform TV Berlangganan, Sabun Mandi, Kaos Dalam Pria/Singlet, Sepeda Motor Sport, Sabun Pencuci Pakaian, Sabun Mandi Antiseptik, Mie Instan, Kuaci, dan Rumah Sakit.
Sementara 10 kategori dengan rata-rata pencarian terbanyak berdasarkan survei, dipimpin oleh Multiplatform TV Berlangganan, disusul Aplikasi Booking Penginapan/Hotel, Game Console, Sepeda Motor Sport, Obat Maag, Multivitamin Ibu Hamil, Mie Instan, Sabun Mandi Antiseptik, Lembaga Pembiayaan Multiguna, dan Obat Diare.
Untuk menentukan para peraih Top Digital Public Relation Award 2020, dilakukan Digital Public Relation Index 2020 pada Agustus–Oktober 2020, kepada 712 perusahaan publik di Indonesia melalui tiga parameter penilaian digital, yaitu; Digital Media Aspect, Digital Sentiment Aspect, dan Digital Awareness Aspect.
Adapun brand-brand yang menjadi juara digital dan meraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2020, di antaranya Rumah Sakit Mitra Keluarga (Rumah Sakit), Panasonic (Pompa Air Listrik), Blackmores (Multivitamin Ibu Hamil dan Pelancar ASI), Rekeningku.com (Aset Kripto), Allianz Life Syariah (Asuransi Jiwa Syariah), Enkasari (Obat Sariawan), Asifit (Pelancar ASI), Attack (Sabun Pencuci Pakaian), Takaful Keluarga (Asuransi Jiwa Syariah). Depo Air Minum Biru (Depo Air Minum Isi Ulang), Kimia Farma Apotek (Apotek), ERA Indonesia (Broker Properti), JNE (Jasa Kurir), Kapal Api Coffee Corner (Coffeeshop Island and Booth), dan brand lainnya.
Sementara Peraih Top Digital Public Relation Award 2020, penerimanya adalah; PT Indosat Tbk, PT Bank Bukopin Tbk, PT Kimia Farma Tbk, PT Elnusa Tbk, PT Alam Sutera Realty Tbk, PT Bank Mayapada Internasional Tbk, PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk, dan perusahaan terbuka lainnya.
Editor: Dani M Dahwilani