Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi meski Tanpa Ijazah Sarjana

Suparjo Ramalan ยท Jumat, 28 Januari 2022 - 06:43:00 WIB
Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi meski Tanpa Ijazah Sarjana
Pekerjaan dengan gaji tertinggi meski tanpa ijazah sarjana. (Foto: ilustrasi/Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa pekerjaan dengan gaji tertinggi meski tanpa ijazah sarjana. Pekerjaan tersebut mungkin lebih membutuhkan atau menghargai pekerja yang memiliki keterampilan, pengalaman, atau latar belakang pengetahuan dibanding pendidikan tinggi. 

Beberapa miliarder dunia pun tidak memiliki gelar sarjana, jadi tak perlu pesimistis Anda yang tanpa gelar sarjana tak bisa mendapatkan gaji besar. 

Nah, berikut ini pekerjaan dengan gaji tertinggi meski tanpa gelar sarjana, seperti dikutip dari MoneyCheck dan US News:

1. Pengusaha

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian, termasuk di Indonesia. Jadi menjadi pengusaha bisa memberikan kontribusi kepada negara secara keseluruhan. Pengusaha menciptakan lapangan kerja, membayar pajak, dan meningkatkan perekonomian. 

Beberapa pengusaha mengalami kesuksesan besar. Jika berhasil dalam lima tahun pertama bisnisnya, mereka dapat mengharapkan tingkat keberhasilan 95 persen, dengan peluang menghasilkan ratusan ribu hingga jutaan dolar AS setiap bulan. 

2. Agen Properti atau Real Estate

Jika Anda menyukai bidang properti dan penjualan, pertimbangkan untuk karier sebagai agen properti atau real estat. Menjual atau menyewakan aset orang lain dapat memberi Anda gaji rata-rata antara 30.000 hingga 180.000 dolar AS per tahun.

Berurusan dengan properti memerlukan lisensi, tetapi siapa pun yang memiliki ijazah SMA dapat mengajukan permohonan ujian untuk mendapatkan lisensi, dan biayanya tidak sebesar gelar sarjana. Agen properti yang sukses bekerja keras, di mana mereka harus siaga selama hari kerja dan akhir pekan.

3. Konsultan Penjualan

Setelah eksekutif dan profesional yang memenuhi syarat, pekerjaan dengan gaji tertinggi dalam angkatan kerja adalah pekerjaan di bidang penjualan. Meskipun bekerja di gerai di mal tidak akan menghasilkan 100.000 dolar AS setahun, tapi menjual mobil eksotis atau pesawat pribadi dapat membuat Anda sangat kaya dalam waktu singkat.

Tenaga penjual yang hebat memahami nilai dari pelatihan. Ada ratusan video YouTube dari sales trainers sukses yang tersedia secara online dan gratis, serta banyak mentor yang dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan penjualan. Satu-satunya investasi yang perlu Anda lakukan dalam pelatihan penjualan adalah waktu. Semakin banyak Anda berlatih, semakin beruntung Anda.

4. Air Traffic Controller

Mungkin mengejutkan Anda mengetahui air traffic controller atau pengontrol lalu lintas udara tidak memerlukan gelar sarjana. Orang-orang ini menghadapi tekanan mengoordinasikan pesawat terbang pada dasarnya.

Meski tak perlu gelar sarjana, namun mereka harus menjalani penyaringan intensif dan tes psikologis untuk memastikan mereka cocok untuk pekerjaan itu. Jika Anda menjadi air traffic contrroler, Anda bisa mendapatkan gaji rata-rata 150.000 dolar AS per tahun.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: