Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Viral WN Korea Ngamuk di Taksi Online gegara Terjebak Macet di Jakarta Selatan
Advertisement . Scroll to see content

Pelaku Usaha Menjerit Rugi gegara Macet Horor di Jakarta Utara

Sabtu, 19 April 2025 - 23:14:00 WIB
Pelaku Usaha Menjerit Rugi gegara Macet Horor di Jakarta Utara
ilustrasi kemacetan parah di Tanjung Priok, Jakarta Utara menyebabkan pelaku usaha merugi (foto: iNews.id)
Advertisement . Scroll to see content

PT Pelindo (Persero) selaku operator pelabuhan pun dinilai tidak profesional. Sebab, kapasitas bongkar muat hanya 2.500 per hari dipaksakan menjadi 4.000 - 7.000 per harinya. 

“Sebenarnya kan hal ini sudah berlarut-larut, hal ini gak selesai-selesai, Ya selama ini, ya mungkin kecil-kecil lama-lama kan sampai pada puncaknya kejadian kemarin itu ya (macet),” beber dia. 

Khairul memandang seyogyanya Pelindo mengikuti standar operasional prosedur (SOP) bongkar kuat. Dengan SOP perusahaan merencanakan kapan barang harus dikeluarkan dan kapan harus masuk. 

Apalagi aturannya juga terintegrasi dengan national logistic ecosystem (NLE). Di mana, NLE menjadi ekosistem logistik yang mengintegrasikan seluruh proses logistik di Indonesia, mulai dari kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang. 

“Ketidak profesionalan, semua kan ada SOP-nya mas, ya semuanya kan ada SOP-nya, sekarang kan antara yang masuk dan keluar itu kan semua punya planning,” ucapnya.

“Kan punya perencanaan kapal yang akan masuk, kalau udah tau kan itu punya jadwal antrian kan mas, sekarang kan tinggal percepatan mas, alatnya ada, semuanya ada, sistemnya ada semua. Sekarang kembali kepada sumber daya manusianya kan mas,” kata Khairul.

Editor: Puti Aini Yasmin

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut