Pembengkakan Anggaran Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diperkirakan Bertambah Rp2,3 Triliun

Suparjo Ramalan ยท Rabu, 29 Juni 2022 - 15:41:00 WIB
Pembengkakan Anggaran Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diperkirakan Bertambah Rp2,3 Triliun
Pembangunan terowongan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengungkapkan adanya potensi tambahan pembengkakan biaya (cost overrun) proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sebesar Rp2,3 triliun. 

Juru Bicara BPKP, Eri Satriana, mengatakan potensi cost overrun disebabkan peraturan perpajakan baru. Hanya saja biaya ini belum masuk asersi atau menjadi laporan resmi manajemen KCJB yang ditetapkan dalam komponen laporan keuangan. 

"Cost Overrun (proyek KCJB) tersebut merupakan bukti baru, setelah selesai reviu BPKP karena ada peraturan perpajakan baru dan belum masuk dalam asersi," tutur Eri, Rabu (29/6/2022). 

Dia menjelaskan, berdasarkan reviu anggaran proyek KCJB yang dilakukan BPKP sesuai permintaan Kementerian BUMN, ditemukan nilai cost overrun proyek strategi nasional ini mencapai 1,176 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp16,8 triliun. 

"BPKP diminta Kementerian BUMN untuk melakukan reviu kereta cepat mulai akhir Desember 2021 lalu. Angkanya sebesar 1,176 miliar dolar AS atau setara Rp16,8 triliun," ungkap Eri. 

Nilai tersebut, lanjutnya, lebih kecil dari perkiraan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, sebelumnya. Namun dengan aturan perpajakan yang baru, ada potensi tambahan cost overrun sebesar Rp2,3 Triliun. 

Adapun metode yang digunakan BPKP dalam perhitungan cost overrun dengan melakukan reviu dokumen atas asersi yang disampaikan Kementerian BUMN melalui wawancara dan pengamatan yang dilakukan di lapangan.

Untuk penghitungannya, BPKP hanya melakukan cost overrun untuk biaya pembangunan saja, sedangkan biaya operasional setelah kereta cepat beroperasi nantinya tidak termasuk dalam biaya cost overrun.

Eri mengungkapkan, angka pembengkakan tersebut merupakan budget estimasi dan masih ada beberapa yang proses, sehingga memungkinkan ada perubahan, termasuk jika ada aturan baru yg keluar setelah selesainya reviu cost overrun oleh BPKP.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda