Pemerintah Izinkan 96 Kapal Ekspor Batu Bara

Athika Rahma ยท Kamis, 20 Januari 2022 - 17:58:00 WIB
Pemerintah Izinkan 96 Kapal Ekspor Batu Bara
Pemerintah izinkan 96 kapal ekspor batu bara. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencabut larangan ekspor batu bara kepada perusahaan yang sudah memenuhi kewajiban suplai batu bara dalam negeri atau Domestic Market Obligation (DMO). Per kamis (20/1/2022), ada 96 kapal pengangkut batu bara yang sudah berlayar ke negara tujuan ekspor.

"Kami sudah mengizinkan atau mencabut larangan bagi beberapa kapal untuk melaksanakan ekspor berdasarkan sejumlah pertimbangan," kata Dirjen Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin dalam konferensi pers, Kamis (20/1/2022).

Dia menjelaskan, ada 75 kapal yang mendapat izin memuat batu bara dari perusahaan tambang karena sudah memenuhi ketentuan DMO sebesar 100 persen atau lebih.

Sementara itu, ada 12 kapal pengangkut batu bara yang belum memenuhi kewajiban DMO, namun sudah mengirimkan surat pernyataan untuk memenuhi DMO. Mereka siap dikenakan sanksi jika terbukti tidak memenuhi ketentuan tersebut.

Kemudian, ada juga 9 kapal dari trader yang diizinkan berlayar karena tidak memiliki DMO. Dengan begitu, secara total ada 96 kapal batu bara yang diperkenankan kembali ekspor, di mana kapal tersebut berasal dari 139 perusahaan.

Sebelumnya, pemerintah resmi melarang ekspor batu bara mulai 1 hingga 31 Januari 2022. Larangan ekspor ini dilakukan untuk mengamankan persediaan batubara bagi listrik nasional.

Namun kebijakan ini dilonggarkan seiring dengan terpenuhinya kebutuhan batu bara untuk PLN. Bagi produsen batu bara yang sudah memenuhi kewajiban DMO 100 persen diberikan izin ekspor. 

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: