Pemerintah Libatkan 70 Perusahaan Sediakan Minyak Goreng Murah

Advenia Elisabeth ยท Selasa, 11 Januari 2022 - 11:40:00 WIB
Pemerintah Libatkan 70 Perusahaan Sediakan Minyak Goreng Murah
Pemerintah libatkan 70 perusahaan sediakan minyak goreng murah

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah komitmen menjaga ketersediaan minyak goreng dengan harga terjangkau atau murah bagi masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan dengan melibatkan 70 pelaku industri minyak goreng sawit (MGS) agar bisa berkontribusi terhadap program pemerintah tersebut.

Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika mengatakan, sebanyak 70 perusahaan MGS akan dilibatkan untuk menyediakan minyak goreng kemasan sederhana, dengan didukung sekitar 200 packer

Dia juga mengajak industri MGS lainnya untuk berkontribusi mendukung program pemerintah. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pun berjanji akan memberikan kemudahan dalam percepatan sertifikasi SNI.

“Bagi industri MGS yang ingin terlibat dalam program pemerintah ini, Kemenperin akan merelaksasi SNI MGS secara wajib untuk industri MGS yang menggunakan merek MINYAKITA. Jadi, kalau perusahaan industri terdaftar dalam program penyediaan MGS dengan merek MINYAKITA, akan kami fasilitasi percepatan sertifikasi SNI-nya,” kata dia di Jakarta, Selasa (11/1/2022).

Putu menuturkan, Kemenperin terus menjaga ketersediaan produk minyak goreng bagi masyarakat dengan harga terjangkau. Minyak goreng kemasan sederhana ini akan disediakan sebanyak 1,2 miliar liter selama jangka waktu 6 bulan, dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan.

“Kebijakan ini sebagai wujud nyata upaya pemerintah dalam mendukung penyediaan pangan yang terjangkau untuk masyarakat,” ujar Putu.

Guna melihat kesiapan sektor industri minyak goreng dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat, Putu telah melakukan kunjungan kerja ke sejumlah produsen, antara lain PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) di Jakarta, PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMART) di Bekasi, dan PT Multimas Nabati Asahan di Serang, Banten.

“Kami mengapresiasi terhadap upaya dan komitmen para pelaku industri minyak goreng yang telah mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam menjaga kestabilan harga ini,”ucapnya. 

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda