Pemuda 29 Tahun Hasilkan Rp17,2 Miliar dari Podcast, Begini Caranya
LONDON, iNews.id - Steven Bartlett akan menghasilkan 1,2 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp17,2 miliar tahun ini dari podcast-nya, "The Diary of a CEO". Pengusaha berusia 29 tahun tersebut menjelaskan bagaimana dia secara efektif memonetisasi podcast populer.
Bartlett merupakan pendiri perusahaan media sosial bernama Social Chain. Media sosial tersebut diluncurkan dari kamar tidurnya di Manchester City, Inggris saat usianya 22 tahun. Dia mencatatkan saham perusahan media sosialnya di bursa saham Dusseldorf Jerman pada 2019 dengan kapitalisasi pasar mencapai 350 juta dolar AS, sebelum akhirnya meninggalkan bisnis itu pada tahun lalu.
Sementara itu, Bartlett telah membuat podcast "The Diary of a CEO" sekitar 4 tahun lalu dengan mikrofon seharga 100 dolar AS yang dicolokkan ke laptopnya. Sekarang, podcast-nya disebut sebagai podcast bisnis teratas di Eropa, dengan tamu bervariasi mulai dari penyanyi Liam Payne hingga pendiri Monzo Tom Blomfield.
Dalam episode terbarunya yang dirilis awal pekan lalu, Bartlett menjelaskan bagaimana dia berhasil membangun pengikut dan memberikan tips penting kepada podcaster pemula bisa menghasilkan banyak uang seperti dirinya.
Dia mengatakan, sebagian besar podcaster menghasilkan uang dari iklan di tengah episode. Dia menjelaskan, biasanya ada agensi periklanan podcast yang bertindak sebagai perantara antara podcaster dan brand.
"Masalahnya adalah perantara mengambil bagian besar, potongan besar, dan brand membayar fixed fee per download terlepas dari seberapa bagus pertunjukkan Anda, siapa Anda, atau seberapa berharga audiens Anda," katanya, dikutip dari CNBC, Senin (30/8/2021).
Bartlett mengaku cara tradisional memonetisasi podcast tidak cukup baginya untuk menutupi biaya produksi, sehingga dia memutuskan memotong perantara dan menghubungi lima perusahaan yang disukai secara langsung. Dia mengirim presentasi singkat kepada CEO perusahaan-perusahaan tersebut dengan alasan mengapa mereka harus mensponsori podcast-nya, termasuk pertumbuhan audiens, dan rencananya untuk masa depan acara tersebut.
"Jarang seorang kreatif atau influencer menawarkan diri mereka ke sebuah brand, tetapi saya bersumpah jika Anda memiliki nyali, keterampilan, usaha, dan kerja keras untuk melakukan itu, Anda bisa mendapatkan penawaran luar biasa dan penawaran yang otentik untuk Anda," ujarnya.
Acara Bartlett memiliki tiga sponsor utama, yakni brand nutrisi Huel, platform freelancer Fiverr, dan produsen produk energi terbarukan Myenergi. Dia memiliki kontrak 12 bulan dengan tiga sponsor tersebut.