Penjualan Mobil Naik Signifikan setelah Relaksasi PPnBM, Ini Buktinya

Oktiani Endarwati · Sabtu, 13 Maret 2021 - 20:05:00 WIB
Penjualan Mobil Naik Signifikan setelah Relaksasi PPnBM, Ini Buktinya
Diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mobil berdampak signifikan terhadap penjualan mobil. (Foto: ilustrasi/Ant)

JAKARTA, iNews.id - Diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mobil berdampak signifikan terhadap penjualan mobil. Besaran kenaikannya antara 20-155 persen.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy mengatakan, penjualan mobil Toyota yang mendapatkan insentif PPnBM naik signifikan. Hal ini terlihat dari total surat pembelian kendaraan (SPK) yang dikeluarkan.

"Dari data 1-8 Maret 2021, untuk Avanza, Sienta, Rush, dan Yaris, SPK-nya naik sekitar 94-155 persen kalau dibandingkan dengan SPK bulan Februari di tanggal yang sama," katanya, Sabtu (13/3/2021).

Dia menambahkan, untuk mobil Vios yang mendapatkan diskon hingga Rp65 juta imbas dari insentif, penjualannya naik lebih tinggi. Pasalnya, permintaannya memang tidak banyak.

Anton mengungkapkan, TAM sudah meminta pabrik untuk meningkatkan produksi untuk mengantisipasi tingginya permintaan. "Sekarang kami sedang memonitor kondisi stok, karena tidak mudah juga pabrik menambah produksi dalam waktu singkat," imbuhnya.

Peningkatan SPK juga terjadi pada penjualan mobil Honda. Business Innovation and Sales & Marketing PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy menyebut, kenaikan penjualan sekitar 40-50 persen dibandingkan dengan periode yang sama bulan sebelumnya. 

"Animo masyarakat sangat baik dalam memanfaatkan relaksasi pajak dari pemerintah, khususnya untuk model yang mendapatkan insentif pajak, peningkatan naik lebih dari 60 persen dibanding seminggu pertama bulan Februari lalu, growth tertinggi ada di HRV 1,5 liter," tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2