Perbandingan Gaji Pilot di Indonesia dengan Negara Lain, China Ternyata Paling Besar

Ikhsan Permana SP ยท Sabtu, 28 Mei 2022 - 14:03:00 WIB
Perbandingan Gaji Pilot di Indonesia dengan Negara Lain, China Ternyata Paling Besar
Perbandingan gaji pilot di Indonesia dengan negara lain, China ternyata paling besar

JAKARTA, iNews.id - Menjadi pilot merupakan profesi idaman bagi sebagian orang. Dengan biaya pendidikan yang mahal dan risiko menjadi pilot yang besar membuat profesi ini digaji besar.  

Bahkan di beberapa negara, gaji pilot bisa mencapai miliaran rupiah lho. Hal ini yang mendorong banyak orang ingin menjadi seorang pilot.

Lantas, berapa besaran gaji pilot di Indonesia? Dikutip dari berbagai sumber, rata-rata profesi pilot di Indonesia mendapatkan gaji dengan kisaran Rp15 juta sampai Rp45 juta per bulan. 

Gaji tersebut tergantung posisi yang dijabat, yang paling rendah adalah first office (FO) dan yang paling tinggi adalah captain atau komandan. Namun, besaran gaji juga tergantung kepada kebijakan maskapai masing-masing, seperti pilot di Garuda Indonesia yang memiliki regulasi tersendiri terkait gaji pilot. 

Di Garuda Indonesia, gaji pilot pemula mencapai Rp60 juta sudah termasuk dengan tunjangan. Sedangkan untuk pilot senior, gajinya mencapai kisaran Rp100 juta hingga Rp150 juta.

Namun ternyata gaji pilot di Indonesia masih terbilang kecil jika dibandingkan pilot di beberapa negara. Berikut ini gaji pilot di beberapa negara:

1. China

Seorang pilot di negara berpenduduk terpadat di dunia ini, rata-rata digaji 25.000 dolar AS setara Rp363,6 juta per bulan atau sekitar 300.000 dolar AS setara Rp4,36 miliar per tahun untuk pilot berpengalaman. 

Selain itu mereka juga berhak atas bonus akhir kontrak sebesar 80.000 dolar AS. Deretan maskapai terbesar dan tersibuk di China, yakni China Southern Airlines, China Eastern Airlines, Air China dan Hainan Airlines.

2. Belanda

KLM adalah maskapai penerbangan terbesar di Belanda yang menjanjikan gaji tinggi untuk pilot mereka. Gaji rata-rata pilot di maskapai ini sekitar 245.000 atau Rp3,56 miliar per tahun.

Khusus untuk perwira pertama, gaji mereka sekitar 50.000 dolar AS atau Rp727,2 juta. Sedangkan kapten berpengalaman bisa mencapai 256.700 dolar AS atau Rp3,7 miliar setahun.

3. Prancis

Maskapai penerbangan nasional Prancis, Air France adalah salah satu maskapai terbaik dan terbesar di Eropa. Tak cuma terbesar di Prancis tetapi juga mendapatkan insentif dari pemerintah. 

Pilot di maskapai ini mendapatkan gaji sekitar 235.000 dolar AS atau Rp3,42 miliar per tahun. Nilai ini dihitung setelah terbang dua jam sehari untuk jarak jauh dan satu setengah jam untuk jarak pendek.

4. Irlandia

Maskapai penerbangan Irlandia, Ryanair membayar pilotnya yang berbasis di Dublin dengan rata-rata 225.000 dolar AS atau Rp3,27 miliar.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: