Perempuan Muda Kantongi Rp4,3 Miliar dari Jual Karya Seni sebagai NFT

Suparjo Ramalan · Minggu, 05 Desember 2021 - 06:40:00 WIB
Perempuan Muda Kantongi Rp4,3 Miliar dari Jual Karya Seni sebagai NFT
Karya Lana Denina, yang kantongi Rp4,3 miliar dari jual karya seni sebagai NFT. Foto: CNBC Make It

MONTREAL, iNews.id - Seniman perempuan berusia 24 tahun bernama Lana Denina mendapatkan lebih dari 300.000 dolar AS atau sekitar Rp4,3 miliar dari menjual karya seninya sebagai Non-Fungible Token (NFT) sejak Februari 2021 lalu. NFT merupakan token digital yang tidak dapat dipertukarkan, namun bisa diperjualbelikan.

Dia yang saat ini tinggal di Montreal, Kanada mengaku, awalnya tidak mengetahui apa pun tentang blockchain. Namun Denina mulai tertarik setelah mengetahuinya. 

"Saya terpesona. Itu benar-benar revolusioner," katanya, dikutip dari CNBC Make It, Minggu (5/12/2021). 

Sebagai seorang pelukis, Denina langsung terkesan dengan teknologi dan kemampuannya. Tidak seperti pasar tradisional untuk seni, NFT dan Web3 memungkinkan seniman membuat galeri mereka sendiri dan menetapkan harganya secara online. 

Mereka juga mendapatkan royalti dari penjualan sekunder karyanya untuk NFT. Denina sendiri mendapatkan royalti sebesar 10 persen. 

"Saya berharap dapat menginspirasi lebih banyak orang kreatif yang sama dengan saya untuk melangkah ke bidang teknologi," ujarnya. 

Dia mulai menjual NFT lukisan yang dibuat satu per satu, tetapi kemudian mulai membuat daftar seluruh koleksinya. Dia mencetak koleksi terbarunya, yang disebut Mona Lana pada November, dan terjual habis dalam beberapa minggu.

Koleksi Mona Lana mencakup 500 potret unik perempuan yang dibuat oleh Denina. Setiap potret dihasilkan oleh kode dengan 112 sifat yang berbeda.

"Itu terjual sangat cepat. Saya sangat kaget. Saya tidak tahu apakah saya beruntung. Itu adalah kesuksesan besar bagi saya dan pasangan saya. Kami banyak bekerja pada proyek ini, dan kami sangat senang," tutur Denina.

Setelah koleksi Mona Lana melewati 100 ether dalam volume yang diperdagangkan, Denina berencana untuk memberikan sebagian penjualan kepada Cyber ​​Baat, yaitu platform yang mendukung seniman Afrika untuk membangun ekonomi kreatif baru, di mana pencipta dapat menggunakan blockchain ether untuk menghargai pekerjaan mereka. Saat ini, dia hampir mencapainya, yakni 99,5 ether dalam volume yang diperdagangkan.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: