Pergerakan Pesawat di Bandara Soetta Tertinggi di Asia Pascapandemi

Suparjo Ramalan ยท Kamis, 15 September 2022 - 12:43:00 WIB
Pergerakan Pesawat di Bandara Soetta Tertinggi di Asia Pascapandemi
Wakil Menteri (Wamen) BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo, saat meninjau langsung tower operasi bandara Soetta dan pusat operasi Airnav Indonesia, Kamis (15/9/2022). (Foto: Instagram @tiko1973)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian BUMN menyatakan pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mengalami lonjakan signifikan bahkan menjadi salah satu yang tertinggi di Asia pascapandemi Covid-19. 

Wakil Menteri (Wamen) BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo, mengungkapkan saat ini pergerakan pesawat di Bandara Soetta mencapai 70 pesawat per jam. Dengan jumlah pergerakan pesawat tersebut, maka bandara Soetta menjadi salah satu bandara tersibuk di Asia.

"Saat ini pergerakan pesawat (di Bandara Soetta) telah mencapai 70 pesawat per-hour, salah satu tertinggi di Asia pascapandemi Covid-19," ungkap Wamen yang akrab disapa Tiko itu, dalam unggahan di akun instagram, saat meninjau langsung tower operasi bandara Soetta dan pusat operasi Airnav Indonesia, Kamis (15/9/2022). 

Dia mengungkapkan, Kementerian BUMN terus mendorong agar pergerakan pesawat secara perlahan naik di angka 80-100 pergerakan per jam. Dorongan itu sejalan dengan perkiraan adanya kebutuhan menggunakan pesawat di akhir tahun yang mengalami peningkatan. 

"Kita siapkan ramp up ke 80, dan possibility mendekati 100 per hour dengan aktivitas landas ke-3 secara bertahap dan hati-hati menuju peak seasons akhir 2022," kata Tiko. 

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat adanya kenaikan pergerakan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) sebesar 18-21 persen pada Mei-Juni 2022. Kondisi ini merupakan pemulihan pasca pandemi Covid-19.

Sementara itu, recovery rate di 20 bandara yang berada di bawah manajemen Angkasa Pura II sudah mencapai 60 persen pada periode tersebut. Saat itu rata-rata data penumpang per harinya mencapai 120.000 orang. 

Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan pada saat pandemi atau PPKM, di mana angka penumpang hanya mencapai 10.000 -15.000 orang per hari. Demikian juga dari angka pergerakan penumpang di Desember 2021 sebesar 80.000 orang per hari.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda