Perkuat Pasar Mi Instan di Timteng, Indofood Sepakat Beli Pinehill Rp45 Triliun
Pinehill Company Ltd diketahui bergerak di bidang produksi dan distribusi mi instan, terutama di Timur Tengah di samping Afrika dan Eropa Timur. Secara spesifik, ada delapan negara yang menjadi pasar yaitu Saudi Arabia, Nigeria, Mesir, Turki, Serbia, Ghana, Maroko, dan Kenya.
Perusahaan tersebut, kata Gideon, memiliki 12 pabrik dengan kapasitas produksi 10 miliar bungkus per tahun. Pada 2019 lalu, penjualan mi instan merek 'Indomie' di delapan negara itu mencapai 533,5 juta dolar AS dengan perolehan laba sebelum pajak sebesar 125 juta dolar AS.
"Per 31 Desember 2019, total nilai ekuitas konsolidasi dari Target Group adalah sekitar 246,3 juta dolar AS, kas dan setara kas berjumlah 67,5 juta dolar AS, dan tidak memiliki pinjaman bank," ujar Gideon.
Gideon menyebut, kesepakatan transaksi diteken kedua belah pihak pada Jumat (22/5/2020). Rencananya, transaksi ini akan dibawa dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang rencananya digelar pada 28 Agustus 2020. Perjanjian ini berlaku hingga akhir tahun.
ICBP akan menggunakan kas internal perseroan sebesar 300 juta dolar AS untuk memenuhi transaksi. Sementara sisanya akan dibiayai dari fasilitas pinjaman perbankan. Saat ini, kata Gideon, ICBP tengah berdiskusi dengan kreditur potensial untuk mengajukan pinjaman.
Editor: Rahmat Fiansyah