Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Komisaris Utama Pertamina Patra Niaga Tinjau SPBU Sepaku, Pastikan Kualitas BBM Terjaga
Advertisement . Scroll to see content

Pertamina Ajak UMKM Lomba Live Marketing Melalui Medsos dan Marketplace, Berhadiah Jutaan Rupiah

Minggu, 12 Juni 2022 - 22:39:00 WIB
Pertamina Ajak UMKM Lomba Live Marketing Melalui Medsos dan Marketplace, Berhadiah Jutaan Rupiah
Gedung Pertamina. (Foto: dok iNews)
Advertisement . Scroll to see content

Heppy mengungkapkan, seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tengah berlomba-lomba melakukan digitalisasi usahanya. Hal tersebut dilakukan untuk mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang pesat dari masa ke masa.

Heppy sangat mengapresiasi kegiatan ini dalam rangka membangkitkan semangat para UMKM di tengah peralihan pandemi menuju endemi Covid-19.

“Dalam konten online pun, kalimat pertama yang kita keluarkan adalah kalimat yang menarik perhatian yang tidak secara langsung menuju ke produk melainkan fokus kepada "keuntungan" apa yang akan didapat oleh calon pembeli,” tutur Heppy. 

Hal ini dilakukan agar masuk ke dalam otak bawah sadar bahwa calon pembeli memang sangat menginginkan produk dimaksud. Dengan digitalisasi, terdapat beberapa manfaat bagi UMKM antara lain menghemat biaya pemasaran yang tentunya meningkatkan laba usaha, jangkauan pemasaran yang lebih luas, pelaku bisnis UMKM dapat melayani konsumen secara real time meskipun dalam jarak jauh. Pastinya, konsumen yang dilayani secara real time akan senang dan bisa jadi menjadi pelanggan tetap.

Dia menjelaskan, banyak sekali UMKM yang mengembangkan usahanya menggunakan teknologi berbasis internet, seperti: membuat website untuk melakukan digital marketing sampai dengan memiliki e-commerce. Hingga tahun 2021 PT Pertamina (Persero) telah memiliki 355 UMKM Naik Kelas Go Digital.

Dengan adanya digitalisasi UMKM, produk yang ditawarkan UMKM lebih dikenal konsumen karena kemudahan sistem pemasaran digital. Bagi UMKM yang ingin merintis bisnis UMKM jangan takut kalah bersaing dengan pengusaha besar.

“Saat ini kunci sukses produk UMKM lebih dikenal adalah rajin melakukan promosi menggunakan media sosial, website dan E – Commerce,” ungkap Heppy.

Editor: Jeanny Aipassa

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut