Pilih Jadi Youtuber, Mantan Agen Real Estate Ini Hasilkan Rp85 Miliar

Aditya Pratama ยท Minggu, 12 September 2021 - 07:05:00 WIB
Pilih Jadi Youtuber, Mantan Agen Real Estate Ini Hasilkan Rp85 Miliar
Graham Stephen, agen real estate yang pilih jadi Youtuber penuh waktu. Foto: Youtube Graham Stephen

LAS VEGAS, iNews.id - Graham Stephen meninggalkan pekerjaan paruh waktunya sebagai agen real estate dan memilih bekerja penuh waktu menjadi YouTuber pada tahun lalu. Dengan menjadi YouTuber, pemuda 31 tahun ini menghasilkan pendapatan miliaran rupiah dalam setahun. 

Awalnya dia mulai menjadi YouTube pada 2019 sambil bekerja paruh waktu sebagai agen real estate di Oppenheim Group. Pada 2019, dia menghasilkan pendapatan tahunan sebesar 1 juta dolar AS, setahun kemudian meningkat menjadi 5,1 juta dolar AS. 

Tahun ini, dia memperkirakan akan mendapatkan 6 juta dolar AS atau sekitar Rp85 miliar, di mana 3 juta dolar AS berasal dari iklan YouTube dan sisanya dari sponsor dan afiliasi, serta menjual kursus di platform online Teachable. 

Stephan memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya sebagai agen real estate karena beberapa alasan. Pertama, pindah dari California mengharuskannya melepaskan lisensi real estatenya. Dan yang lebih penting, dia menyadari waktu dan upaya yang dia lakukan untuk menjual rumah lebih baik dihabiskan di saluran YouTube-nya.

Lockdown yang dimulai pada pertengahan 2020 lalu pun membuat Stephen memutuskan pindah dari Los Angeles ke Las Vegas. Dia membeli rumah di Las Vegas dan kehidupan profesional sebagai YouTuber di mulai di sana. 

Saat di Los Angeles, dia mengerjakan video untuk saluran YouTube-nye di garasi, namun kini dia memiliki kantor khusus di rumah barunya. Rumah tersebut memiliki kantor lengkap, kamar tidur untuk asistennya tinggal dan kantor untuk karyawan lainnya, serta studio podcast kedap suara.  

Pada saat menjadi YouTuber penuh waktu, saluran YouTube Stephan memiliki sekitar 1,5 juta pelanggan dan kini menuju untuk mendapatkan 1 juta dolar AS dari YouTube untuk pertama kalinya.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2