Pos Indonesia Kejar Target Pendistribusian Bansos Tunai di Wilayah Terluar

Jeanny Aipassa ยท Jumat, 24 September 2021 - 14:15:00 WIB
Pos Indonesia Kejar Target Pendistribusian Bansos Tunai di Wilayah Terluar
Ilustrasi petugas PT Pos Indonesia (Persero). (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - PT Pos Indonesia (Persero) mengejar target pendistribusian Bantuan Sosial (Bansos) Tunai di wilayah terluar yang belum selesai.

Direktur Utama (Dirut) Pos Indonesia, Faizal Rachmad Djoemadi, mengatakan pihaknya akan berupaya menyelesaikan distribusi Bansos Tunai pada minggu ketiga September 2021, sesuai arahan Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini.

"Sesuai arahan Ibu Mensos penyaluran Bansos Tunai akan kita selesaikan pada Minggu ketiga September. Kita akan distribusikan dengan langsung terjun ke masyarakat penerima Bansos Tunai," kata Faizal, dalam keterangan Jumat (24/9/2021).

Dia mengakui, proses penyaluran Bansos Tunai di wilayah terluar menghadapi tantangan kondisi geografis. Misalnya kondisi geografis di Kalimantan Tengah, yang kebanyakan berupa lahan gambut, rawa dan sungai. 

Meski demikian, petugas Pos Indonesia akan berupaya menjangkau keluarga penerima manfaat (KPM) Bansos Tunai, karena banyak dari mereka kesulitan akses bahkan tidak tahu tengtang informasi bantuan pemerintah tersebut. 

"Untuk kawasan dengan banyak tantangan alam seperti di Kalteng memang memerlukan khusus. Kita siapkan strategi khusus dalam penyaluran bansos menggunakan pendekatan geografis”, ujar Faizal. 

Dia mengungkapkan, untuk memperlancar distribusi Bansos Tunai, Pos Indonesia tetap berkoordinasi dengan pemerintah daerah perihal pencocokan data penerima bantuan. 

“Kami tetap berkoordinasi dengan Pemda, BST juga distribusikan bersamaan dengan program bantuan yang lain. Pos Indenesia memprioritaskan pelayanan kepada KPM yang sudah terdampak pandemi. BST ini menyentuh langsung kebutuhan dan kepentingan masyarakat yang terdampak Covid-19. Khususnya terkait dengan bantuan sosial bagi masyarakat miskin dan rentan”, kata Faizal.

Pemerintah melalui Kementerian Sosial RI kembali menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) hingga september 2021, terkait dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

Nilai yang diberikan Rp300.000 per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) per bulan. KPM akan langsung mendapatkan jatah 2 bulan, yaitu Rp600.000. Untuk memperlancar pemberian bantuan tersebut, Pos Indonesia kembali dipercaya pemerintah untuk proses pendistribusian.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: