Prabowo Dilibatkan dalam Pembangunan Food Estate di Kalteng

Okezone ยท Sabtu, 04 Juli 2020 - 11:23 WIB
Prabowo Dilibatkan dalam Pembangunan Food Estate di Kalteng

Sawah. (Foto: ilustrasi/Ant)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah akan membangun lumbung pangan (food estate) di Kalimantan Tengah (Kalteng) pada tahun ini. Persiapan terus dimatangkan agar target penyelesaian 2022 terpenuhi.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan food estate di Kalteng akan melibatkan sejumlah instansi, termasuk Kementerian Pertahanan.

Untuk Kementerian PUPR, kata dia, akan merehabilitasi saluran irigasi seluas 148.000 ha. Kementerian Pertanian akan mengembangkan tanaman pangan di atas lahan seluas 148 ribu ha lahan.

Dia mengatakan, Kemenhan yang dipimpin oleh Prabowo Subianto juga akan dilibatkan untuk menyediakan tenaga kerja. Dia tak menyebutkan total kebutuhan tenaga kerja di food estate.

"Menteri Pertahanan ditugasi untuk menyiapkan tenaga kerjanya karena akan dijadikan food estate yang modern," ujarnya, dikutip Sabtu (4/7/2020).

Menurut Basuki, tenaga kerja yang disediakan tidak harus militer. Di Kemenhan, ada dua pekerjaan yakni militer dan nonmiliter.

“Menteri Pertahanan itu, ternyata ada 2 konsep pertahanan. Bisa militer dan nonmiliter. Ini adalah pertahanan negara non-militer. Beliau terlibat untuk menyiapkan tenaga kerja. Jadi untuk Kementerian Pertahanan itu tenaga kerjanya yang terlatih dan ikut menyiapkan,” tuturnya.

Basuki menambahkan, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal juga dilibatkan. Tugasnya mengoordinasikan masyarakat transmigrasi.

“Walaupun aktornya di sana Kementerian PDTT, tetapi untuk membantunya Menteri Pertahanan,” ujar Basuki.

Sementara Kementerian BUMN akan mengerahkan sejumlah BUMN untuk mengembangkan food estate. Salah satunya PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI untuk memasok pupuk. (Giri Hartomo)

Editor : Rahmat Fiansyah