Prakerja.org Sediakan Pelatihan Gratis, Tandingi Kartu Prakerja Pemerintah

Aditya Pratama ยท Selasa, 19 Mei 2020 - 16:18 WIB
Prakerja.org Sediakan Pelatihan Gratis, Tandingi Kartu Prakerja Pemerintah

Situs Prakerja.org. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Program kartu prakerja dikritik karena menyediakan pelatihan online berbayar dengan harga yang mahal. Kini muncul tandingan program milik pemerintah itu dengan menyediakan pelatihan gratis.

Pelatihan cuma-cuma tersebut disediakan lewat situs daring prakerja.org. Alamat tersebut mirip dengan milik pemerintah prakerja.go.id.

"Prakerja.org adalah bentuk kritik terhadap pemerintah terhadap program Kartu Prakerja," tulis pernyataan situs tersebut, dikutip Selasa (19/5/2020).

Lewat manifesto, Prakerja.org menyatakan semua informasi yang terdapat dalam situs hanya digunakan untuk keperluan pendidikan, bukan komersial. Hak cipta setiap konten yang ada di situs milik masing-masing konten kreator.

Selain itu, Prakerja.org juga menjamin tidak akan mengutip biaya apa pun dan tidak menarik keuntungan komersial, serta tidak memberikan insentif apa pun kepada pihak yang membuat konten yang ditayangkan di prakerja.org.

"Apabila terjadi pendapatan untuk Prakerja.org misalnya dari iklan, donasi, ataupun pendapatan lainnya akan dipergunakan seluruhnya untuk pembiayaan operasional Prakerja.org," tulisnya.

Berdasarkan pantauan iNews.id, situs Prakerja.org menerapkan sistem agregasi pelatihan online yang tersebar di platform video seperti Youtube dan situs-situs lain yang menyajikan pelatihan gratis.

Ekosistem pelatihan itu terbagi dalam lima kategori, yaitu wirausaha, pengembangan diri, bisnis dan keuangan, teknologi, dan bisnis digital. Pelatihan wirausaha misalnya, ada tutorial membuat masker kain tanpa mesin jahit yang tersambung ke Youtube.

Selain itu, ada juga pelatihan online secara live yang berjadwal. Setiap pengguna bisa mengakses pelatihan online tersebut secara gratis tanpa harus mendaftar.

Editor : Rahmat Fiansyah