Produk HAKI Bisa Jadi Jaminan Pembiayaan, Sandiaga Uno: Hadiah dari Presiden Jokowi untuk Pelaku Ekraf RI!

Advenia Elisabeth ยท Jumat, 29 Juli 2022 - 17:43:00 WIB
Produk HAKI Bisa Jadi Jaminan Pembiayaan, Sandiaga Uno: Hadiah dari Presiden Jokowi untuk Pelaku Ekraf RI!
Menparekraf Sandiaga Uno menyebut, produk HAKI bisa jadi jaminan pembiayaan merupakan hadiah dari Presiden Joko Widodo kepada seluruh pelaku ekonomi kreatif. (Foto: Dok. Kemenparekraf)

MANADO, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengajak anak muda di Manado dan Sulawesi Utara untuk bersama-sama mengembangkan sub sektor ekonomi kreatif musik. Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno saat melaksanakan Workshop KaTa Kreatif Kota Manado, Sulawesi Utara, Kamis (29/7/2022).

"Hari ini di Kota Manado setelah 2017 ditetapkan sebagai sub sektor musik, kita memperkuat ekosistem ini, karena musik ini merupakan sub sektor yang menjadi konektor dari beberapa sub sektor ekonomi kreatif," ujar Sandiaga Uno.

Dia menyebutkan, banyak sub sektor ekonomi kreatif yang berhubungan dengan sub sektor musik.

"Film harus ada musiknya, fashion harus ada musiknya, kalau kita menyantap kuliner lebih enak kalau ada musiknya juga. Jadi, ini adalah sektor yang sangat menjadi tulang punggung membuka peluang kerja bagi 1,1 juta lapangan kerja di seluruh Indonesia," kata dia.

Sub sektor musik kata Sandi yang pihaknya sudah on the spot ciptakan satu lagu. Lagu tersebut, kata Sandiaga Uno, akan pihaknya daftarkan hak kekayaan intelektualnya.

"Setelah dilengkapkan tadi teaser-nya dan akan kita coba sebagai prototipe untuk mendapatkan pembiayaan sesuai dengan PP 24," tuturnya. 

Sandiaga Uno berharap dengan prototipe tersebut, maka dapat membangkitkan semangat dari pelaku ekonomi kreatif, khususnya sub sektor musik.

"Ini adalah hadiah dari Presiden RI Joko Widodo kepada seluruh pelaku ekonomi kreatif, terutama musisi-musisi kita untuk menciptakan lagu dan mendaftarkan hak kekayaan intelektualnya demi mendapatkan pembiayaan untuk pengembangan sektor ekonomi kreatifnya," ucapnya.

Keberadaan program prototipe pengembangan sub sektor musik tersebut, disebut Sandiaga Uno, akan menjadi tumpuan dari para pelaku ekonomi kreatif.

"Kita akan coba prototipenya, tidak pakai lama, langsung on the spot, karena kita ingin ekonomi kita segera bangkit, banyak saudara-saudara kita yang belum mendapatkan penghasilan dan lapangan kerja kita bantu dengan kegiatan-kegiatan konkret," ujar Sandiaga Uno.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda