Produsen Cap Tikus (BEER) Bakal Ekspansi ke Singapura di 2023
JAKARTA, iNews.id - Produsen minuman beralkohol Cap Tikus 1978, PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk (BEER) akan melakukan ekspansi bisnis ke Singapura pada 2023. Presiden Direktur BEER Audy Lieke menuturkan, Negeri Singa itu memiliki perizinan lebih mudah sebagai pintu masuk produk perseroan.
"Rencana awal kami akan melihat negara Singapura dan beberapa negara, mungkin juga ada di Eropa. Tahun 2023 kita mulai melakukan prosesnya," ujar Audy saat ditemui setelah konferensi pers di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (6/1/2023).
Audy menambahkan, Singapura dipandang dapat menjadi gerbang awal bagi perusahaan untuk memasarkan produknya baik di negara Asia hingga Eropa. Menurutnya, kegiatan ekspor masih menjadi tantangan bagi perseroan ke depan menyusul regulasi yang ketat untuk minuman beralkohol.
Terkait spesifikasi produk, Audy menjelaskan, pihaknya masih mengamati permintaan pasar di semua golongan minuman beralkohol baik golongan A, B, hingga C. Langkah ini dilakukan untuk mengenali jenis apa yang cocok untuk dipasarkan di luar negeri.
"Kita punya apa yang luar negeri ga punya. Supaya identitas nasional kita dikenal di luar negeri," tuturnya.
Seperti diketahui, BEER membukukan penjualan bruto sebesar Rp54,90 miliar hingga kuartal III/2022, atau meningkat 69,47 persen yoy dibandingkan periode sama tahun 2021.
Pita cukai minuman beralkohol menjadi beban penjualan terbesar BEER, mencapai Rp17,81 miliar hingga September 2022. Alhasil perseroan menyerap penjualan bersih senilai Rp37,08 miliar, lebih tinggi 68,44 persen yoy.
Laba periode berjalan BEER per 30 September 2022 mencapai Rp11,05 miliar, atau naik 59,92 persen yoy dibandingkan periode sama tahun 2021 senilai Rp6,91 miliar.
Editor: Aditya Pratama