PTBA Ditugaskan Mengawasi Tambang Batu Bara Tersangka Jiwasraya

Aditya Pratama ยท Selasa, 03 Maret 2020 - 15:30 WIB
PTBA Ditugaskan Mengawasi Tambang Batu Bara Tersangka Jiwasraya

Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Arviyan Arifin. (Foto: iNews.id/Isna Rifka Sri Rahayu)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah menugaskan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mengawasi tambang batu bara PT Gunung Bara Utama. Perusahaan itu dimiliki Heru Hidayat, tersangka dalam kasus dugaan korupsi Jiwasraya.

Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin mengatakan, tambang batu bara itu masih berperkara di Kejaksaan Agung, sehingga belum bisa dikelola.

"Kementerian BUMN dan Kejagung meminta kami untuk mengawasi tambang tersebut sampai ada putusan hukum yang berkekuatan tetap," ujar Arviyan di Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Dia mengatakan PTBA sudah mempelajari tambang batu bara yang berlokasi di kawasan Kutai, Kalimantan Timur, itu. "Secara kajian, PTBA sudah mempelajari tambang batu bara tersebut," katanya.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga sebelumnya mengatakan, Kejagung telah menyita tambang batu bara milik Heru Hidayat. Menurut dia, tambang itu akan dikelola PTBA untuk sementara.

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) Heru Hidayat ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi Jiwasraya. BUMN asuransi itu banyak berinvestasi pada saham-saham berisiko tinggi dan berkualitas rendah.

Editor : Rahmat Fiansyah