Pusat-Daerah Perlu Sinergi Cukupi Supply Chain dan Pasokan Pangan demi Tekan Inflasi

Binti Mufarida ยท Jumat, 16 September 2022 - 11:11:00 WIB
Pusat-Daerah Perlu Sinergi Cukupi Supply Chain dan Pasokan Pangan demi Tekan Inflasi
Wapres Ma'ruf Amin sebut pemerintah pusat-daerah perlu sinergi cukupi supply chain dan pasokan pangan demi tekan inflasi. Foto: Setwapres

KARAWANG, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mendorong pemerintah pusat dan daerah bersinergi untuk mencukupi supply chain dan pasokan pangan secara merata di seluruh wilayah Indonesia. Itu perlu dilakukan mengingat, isu inflasi semakin berhembus kencang seiring dengan melonjaknya harga bahan pokok di tanah air. 

“Untuk mengendalikan inflasi, selain yang dilakukan pemerintah pusat, itu sudah juga dikoordinasikan dengan pemerintah daerah untuk mencukupi supply chain, pasokan pangan yang dibutuhkan, sehingga diharapkan bahwa inflasi dapat ditekan,” kata Wapres dalam keterangannya, Jumat (16/9/2022).

Wapres menuturkan, pemerintah terus mengupayakan kestabilan harga di seluruh daerah melalui kerja sama, antar pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Dari satu daerah jangan sampai harganya naik, itu akan di-supply dari daerah lainnya. Ini sudah ada semacam kesepahaman antara satu daerah dengan daerah yang lain. Dengan demikian, inflasi dapat dikendalikan,” ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan, kemajuan teknologi di industri pangan, seperti hidroponik dapat menjadi solusi dalam mengatasi ancaman ketahanan pangan nasional, termasuk inflasi.

“Saya melihatnya ini salah satu solusi untuk mengatasi inflasi. Karena apa? Sayuran di gunung bisa ditanam di daerah panas, sehingga yang tadinya kita mengandalkan hal-hal yang sangat alami saja, kadang-kadang terkena cuaca berdinamika. Sekarang dengan teknologi hidroponik yang greenhouse ini, maka tanaman apapun bisa kita hasilkan di manapun,” tutur Ridwan Kamil.

“Kami berharap dengan solusi teknologi ini, ketahanan pangan, sekuriti pangan, di Jawa Barat dan juga Indonesia betul-betul bisa didesain lebih terukur,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi menyebutkan, Indonesia masih termasuk ke dalam negara yang mengalami inflasi yang rendah dibanding negara-negara lain.

"Alhamdulillah di negara kita inflasi sampai hari ini sangat kecil sekali kalau dibandingkan dengan negara-negara di luar, apalagi negara-negara maju,” kata Harvick.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda