Turunkan Risiko Gagal Panen, Wapres Dorong Pengembangan Pertanian Hidroponik Modern

Binti Mufarida · Kamis, 15 September 2022 - 19:27:00 WIB
Turunkan Risiko Gagal Panen, Wapres Dorong Pengembangan Pertanian Hidroponik Modern
Wapres Ma’ruf Amin saat mengunjungi Batamindo Green Farm, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (15/9/2022). (Foto: Setwapres)

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendorong pengembangan pertanian hidroponik modern untuk menurunkan risiko gagal panen. Hal ini mengingat ancaman krisis pangan yang tengah menjadi isu global di berbagai negara.

Wapres menyebut, diperlukan upaya-upaya berbasis teknologi agar kebutuhan pangan masyarakat dapat terus dipenuhi. 

“Ini yang kita ingin kembangkan yaitu ada rekayasa-rekayasa dalam penanaman sehingga menyiasati agar risiko gagal panennya diperkecil,” ujar Wapres dalam keterangan resminya usai mengunjungi Batamindo Green Farm, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (15/9/2022).

Ma'ruf menambahkan, sistem tanam hidroponik modern ini juga nantinya akan dikembangkan di pesantren-pesantren. Tidak hanya untuk memberikan nilai tambah terhadap pesantren tersebut, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat sekitar.

“Model ini nanti akan dikembangkan dalam bentuk yang kecil di pesantren, selain pemberdayaan pesantren juga untuk kebutuhan masyarakat sekitarnya,” kata dia.

Sejalan dengan Wapres, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap, dengan adanya rekayasa teknik penanaman sayur seperti ini dapat memenuhi kebutuhan pangan di Jawa Barat dan Indonesia pada umumnya.

“Saya melihat ini salah satu solusi mengatasi inflasi karena sayuran gunung bisa ditanam di daerah panas, sehingga kami berharap ketahanan pangan di Jawa Barat dan Indonesia bisa didesain lebih terukur dengan meminimalisir gagal panen,” ucapnya.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda