RS BUMN Siap Beli Ventilator Buatan Lokal untuk Covid-19

Aditya Pratama, Djairan ยท Selasa, 07 April 2020 - 17:10 WIB
RS BUMN Siap Beli Ventilator Buatan Lokal untuk Covid-19

Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) siap menyerap alat kesehatan seperti alat bantu pernafasan (ventilator). Alat kesehatan tersebut sangat dibutuhkan untuk RS BUMN yang menanganani Covid-19.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, stok ventilator di RS BUMN saat ini baru mencukupi sekitar 50 persen untuk kebutuhan 611 ruang rawat intensive care unit (ICU). Dia berharap sisanya bisa dipenuhi dari dalam negeri.

“Kalau kita liat RS BUMN kan ada 611 tempat ICU-nya, hari ini mungkin dengan segala cara kita baru ada 50 persen ventilator-nya, nah yang 50 persennya lagi bisa saja dari lokal kita beli, asal memang standarnya sesuai” ujar Erick, Selasa, (7/4/2020).

Erick menyebut, perguruan tinggi seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia (UI) tengah meriset desain ventilator. Jika karya anak bangsa bisa mendapat izin Kementerian Kesehatan, BUMN siap membeli.

“Ventilator itu sebelum digunakan mesti ada pemenuhan standar yang benar, izin bukan di Kementerian BUMN ya, tapi di Kementerian Kesehatan. Selama standarnya sudah sesuai ya kami siap beli” ujar Erick.

Editor : Rahmat Fiansyah