Segera Dirakit, Dua Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dibawa ke Tegalluar

Heri Purnomo ยท Jumat, 02 September 2022 - 20:31:00 WIB
Segera Dirakit, Dua Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dibawa ke Tegalluar
Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang terlihat utuh saat pembukaan palka kapal kargo yang membawanya dari China ke Pelabuhan Tanjung Priok. (Foto: tangkapan layar)

JAKARTA, iNews.id - Dua rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang telah tiba di Indonesia mulai dipindahkan dari kapal kargo untuk dibawa ke Tegalluar, Jawa Barat. Pemindahan itu dilakukan agar dua rangkaian kereta cepat itu dapat segera dirakit ulang.

Seperti diberitakan, rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang dikirim dari China telah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, pada Kamis (1/9/2022) malam. 

Selanjutnya, dua rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung itu, dipindahkan dari kapal kargo untuk kemudian dibawa ke Tegalluar, di Kabupaten Bandung Barat.

Presiden Direktur PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi, mengatakan rangkaian Kereta Cepat Jakarta Bandung dikirim ke Tegallluar untuk dirakit ulang.

"Rangkaian kereta api cepat Jakarta-Bandung secara bertahap sudah mulai tiba di Indonesia. Saat ini sebanyak dua rangkaian yang tiba dan akan dibawa ke Tegalluar untuk proses perangkaian ulang," ujar Dwiyana. 

Menurut dia, dua rangkaian kereta cepat tersebut merupakan tahap pertama dari empat tahap pengirimanyang sudah dijadwalkan KCIC dengan pihak China. 

Terkait perizinan pengangkutan rangkaian kereta cepat ke Tegalluar, Dwiyana mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan izin dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Jasa Marga.

Sementara itu, Wakil Menteri (Wamen) BUMN II Kartika Wirjoatmodjo menyatakan bahwa Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dioperasikan pada Juni 2023 mendatang.

"Target operasional Juni 2023," kata Wamen BUMN II yang akrab disapa Tiko itu, saat melakukan kunjungan kerja untuk melihat pemindahan kereta cepat dari kapal pengirimnya di Pelabuhan Tanjung Priok pada Jumat (2/9/2022).

Sementara tu, Kartika mengatakan bahwa kedatangan kereta tersebut menjadi kabar baik bagi Indonesia dan menunjukkan bahwa Indonesia dapat bersaimg dengan negara lain. 

"Alhamdulillah rangkaian kereta api cepat Jakarta-Bandung pertama sudah tiba di Indonesia. Ketibaan rangkaian kereta api cepat ini menjadi kabar baik untuk Indonesia dan menunjukkan bahwa Indonesia bisa bersaing dengan negara maju lainnya," ujar Tiko

Berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan KCIC, pengiriman rangkaian Kereta Cepat Jakarta Bandung ke Pelabuhan Tanjung Priok dilakukan dalam 4 tahap, yaitu:

Tahap pertama,  akan ada pengiriman  1 Trainset EMU + 1 trainset CIT yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada 2 September 2022, kemudian dilanjutkan dengan 1 Trainset EMU pada 4 September 2022.

Tahap kedua,  akan ada pengiriman  3 Trainset EMU yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada 25 Desember 2022.

Tahap ketiga, akan ada pengiriman 3 Trainset EMU yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada 25 Februari 2023.

Tahap ke empat, akan ada pengiriman 3 Trainset EMU yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada 15 Maret 2023.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda