Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Sederet Strategi Menkeu Purbaya untuk Tarik Produsen Rokok Ilegal 
Advertisement . Scroll to see content

Simak, 6 Cara Jitu Bikin Produk Lokal Tembus Pasar Dunia

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 11:34:00 WIB
Simak, 6 Cara Jitu Bikin Produk Lokal Tembus Pasar Dunia
Produk lokal wayang yang banyak diminati wisatawan mancanegara. (Foto: dok iNews)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Ada 6 cara jitu untuk bikin produk lokal menembus pasar dunia yang patut dicermati para pelaku usaha. Ke-6 cara ini umumnya sudah diketahui para pelaku usaha, namun kerap diabaikan. 

Produk lokal Indonesia dikenal memiliki keunikan dan kualitas yang tak kalah dengan produk luar negeri. Namun, belum banyak produk lokal yang mampu menembus pasar dunia karena kalah bersaing dan terhambat akses. 

Pdahal produk lokal Indonesia selalu mendapat sambutan positif saat ditampilkan di berbagai kesempatan, misalnya pameran atau expo di luar negeri. 

Terkait dengan itu, pemerintah terus mendorong produk lokal UMKM agar bisa meningkatkan kualitasnya dan dapat memenuhi standar internasional. Tak hanya itu, pendampingan hingga akses pemasaran pun difasilitasi pemerintah.

Mengutip dari Hypefast, berikut 6 cara jitu bikin produk lokal menembus pasar dunia, sebagaimana dirangkum MNC Portal Indonesia dari berbagai sumber, Sabtu (6/8/2022): 

1. Pilih target pasar dan tentukan strategi untuk menjangkaunya

Produk yang baik perlu menargetkan pangsa pasar yang tepat. Hal ini akan memudahkan eksekusi strategi pemasaran yang ada serta memastikan penggunaan sumber daya yang dimiliki seperti waktu, biaya, dan tenaga menjadi lebih efisien. 

Selain itu, brand juga perlu mengikuti acara yang sesuai dengan segmentasi pasar. Seperti contohnya, jika produk kita ingin dikenal oleh segmen anak muda, brand bisa berpartisipasi dalam acara konser musik, pameran, atau acara networking lainnya.

2. Membangun hubungan baik dengan pelanggan

Pelanggan merupakan jantung dari brand, sehingga dibutuhkan upaya untuk membangun ikatan yang baik dengan pelanggan, terutama dalam mendengar dan menanggapi masukan dari mereka. 

Pelanggan yang mendapatkan respons positif dan didengar baik akan memiliki kedekatan personal dengan brand. Hal ini akan membuat brand memiliki citra positif dengan customers experience yang baik, sehingga membangun customer loyalty terhadap brand.

3. Pastikan stabilitas keuangan bisnis

Brand akan menghadapi tantangan baru saat memasuki pasar baru, terutama dalam memahami dan menyesuaikan diri dengan kondisi pasar. Tantangan baru ini tidak menutupi aspek finansial yang harus dipersiapkan secara matang dan brand harus dapat mengambil langkah antisipasi agar rencana untuk membawa brand ke ranah global tidak berujung pada kerugian.

“Membuat perencanaan keuangan yang matang dalam periode tertentu, menentukan secara ketat alokasi anggaran yang akan digelontorkan tanpa harus mengorbankan sebagian besar aset perusahaan, dan teliti memperhatikan pengeluaran agar penggunaan anggaran menjadi tepat guna, adalah beberapa langkah yang harus diperhatikan brand,” ungkap Yvana Mayer, Head of Mom & Kids Category Hypefast.

4. Manfaatkan platform media sosialmu untuk membangun presensi online brand

Salah satu strategi yang lazim dilakukan oleh banyak brand lokal saat ini untuk meningkatkan presensi bisnis serta brand awareness pada masyarakat adalah dengan mengembangkan bisnis lewat platform media sosial. 

Konsistensi menjadi satu hal penting yang sangat dibutuhkan saat memanfaatkan platform sosial, terutama dalam menyajikan konten berkualitas dan memiliki keunikan demi menarik minat masyarakat. Konten yang dibuat juga harus sesuai dengan nilai-nilai yang kamu miliki serta dapat menjawab kebutuhan dari masyarakat setempat.

5. Pilihlah produk pilihanmu yang akan go global

Dengan begitu besarnya varian produk atau layanan yang disajikan oleh brand, pilihlah produk atau layanan yang paling diminati atau menjadi best seller. 

"Selain produk best seller sudah memiliki histori sebagai produk yang dipercaya masyarakat, kita pun sudah mengenal produk tersebut dengan baik sehingga hal ini akan memudahkan kita untuk memperkenalkan produk kita ke pasar yang baru dengan menyampaikan bahwa produk tersebut relevan dan menjawab kebutuhan masyarakat luas," kata Yvana Mayer.

Dengan adanya testimoni ataupun review nyata dari konsumen, tentu akan memperkuat reputasi dan posisi produk tersebut di pasar global. 

6. Sesuaikan produkmu untuk memenuhi kebutuhan pasar global

Jika memang produk yang akan diberikan kepada pasar tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat, tentu produk perlu disesuaikan kembali agar dapat memenuhi kebutuhan pasar. Karena pada akhirnya, produk yang sesuai dengan nilai dan kebutuhan tak hanya lebih berpotensi mencetak keuntungan bagi brand secara penjualan, namun juga bisa menguatkan citra brand di pasar yang baru tersebut. 

Kemudian, peka secara sosial-budaya tentu menjadi penting dalam membantu kita menyesuaikan diri dengan pasar yang baru. Memahami hal-hal sederhana, seperti konteks sosial dan budayanya, kebiasaan atau normanya, tentu akan membantu melihat jika produk kita sudah sesuai dengan nilai dan kebutuhan masyarakat setempat.

Demikian 6 cara jitu bikin produk lokal menembus pasar dunia yang bisa diterapkan pelaku usaha atau Anda yang ingin terjun ke dunia bisnis. Selamat mencoba.

Editor: Jeanny Aipassa

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut