Soekarwo Berharap HT Bangun Properti di Daerah Lain di Jawa Timur

Ihya Ulumuddin ยท Minggu, 06 Mei 2018 - 15:14 WIB
Soekarwo Berharap HT Bangun Properti di Daerah Lain di Jawa Timur

Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo dan istri Liliana Tanoesoedibjo didampingi Gubernur Jatim Soekarwo dan istri Nina Soekarwo dalam Grand Opening One East Penthouse & Residences Collection di Surabaya, Sabtu (5/5/2018). (Foto: Koran Sindo/Ali Masd

SURABAYA, iNews.id - Gubernur Jawa Timur Soekarwo berterima kasih kepada Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo (HT) atas investasi properti One East Penthouse & Residence Collection di Surabaya, Jawa Timur. Dia berharap, MNC Group bisa membangun properti serupa di daerah lain di Jawa Timur.

"Peran swasta dan pengusaha seperti Pak HT ini sangat bagus, maka saya sangat berterima kasih sekali, sebab, ini (properti) akan membantu menumbuhkan ekonomi Jawa Timur. Saya berharap ini dikembangkan di daerah lain. Tulungagung bagus, Madiun juga bagus," kata Soekarwo seusai acara Grand Opening One East Penthouse & Residence Collection, Sabtu (5/5/2018). 

Soekarwo menjelaskan, peran swasta terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur cukup besar. Dia menyebut dari total Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Timur, 92 persen adalah hasil sumbangsih dari swasta. Sementara sisanya dari pemerintah. Dengan demikian, peran swasta dalam memakmurkan Jawa Timur ini cukup besar.

"One East Penthouse and Residence ini adalah contohnya. Maka untuk yang kelas menengah ke atas seperti ini biar swasta yang mengerjakan. Pemerintah biar mengurusi yang kelas bawah melalui penyediaan rumah sederhana," ucapnya.

Pemerintah Provinsi (pemprov) Jawa Timur telah membantu penyelesaian rumah sederhana bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang bekerja sama dengan Real Estate Indonesia (REI) dan Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) Jawa Timur, serta pemberian bantuan prasarana, sarana, dan utilitas permukiman.

Soekarwo mengatakan, target minimal pembangunan rumah sederhana di Jawa Timur sebanyak 15.000 unit per tahun, sedangkan realisasi yang terbangun hingga tahun 2017 di Jawa Timur adalah 190.222 unit. Rumah ini tersebar di beberapa kabupaten/kota di antaranya Kabupaten Gresik, Kabupaten Malang, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Madiun. Adapun bantuan PSU yang sudah diberikan pemprov pada rumah sederhana di Jawa Timur sebanyak 194.548 unit.

Sementara itu CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo juga berterima kasih atas apresiasi pemerintah Provinsi Jawa. HT berharap pemerintah daerah terus mendukung swasta yang ingin berinvestasi.

"Pak Gubernur sangat apresiatif. Saya berterima kasih sekali beliau hadir malam ini. Mudah-mudahan, melalui investasi ini kami bisa membantu memakmurkan masyarakat Jawa Timur sesuai harapan Pak Gubernur," katanya.  

HT optimitistis keberadaan One East Penthouse and Residence Collection bisa menjawab kebutuhan properti masyarakat Jawa Timur, terutama Surabaya.

"Saya dan istri juga dari Surabaya, maka saya akan semangat terus untuk mengembangkan ini," ujarnya.

Editor : Rahmat Fiansyah