Soroti Ratu Batu Bara Tan Paulin, Sekjen PAN: Ini Hal Serius

Dita Angga ยท Jumat, 14 Januari 2022 - 17:50:00 WIB
 Soroti Ratu Batu Bara Tan Paulin, Sekjen PAN: Ini Hal Serius
Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Suparno, menyoroti sosok Tan Paulin yang disebut sebagai Ratu Batu Bara dari Kalimantan Timur. 

Seperti diketahui, nama Tan Paulin mencuat dalam Rapat Dengar Pendapat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, dengan Komisi VII DPR, Kamis (14/1/2021).

Eddy Soeparno yang juga Anggota Komisi VII DPR RI, mengaku baru mendengar sosok Tan Paulin, yang diduga menjadi pemain atau pelaku illegal mining.

"Baru dengar kemarin di RDP dengan Kementerian ESDM. Kalau memang benar adanya dan ternyata illegal mining, ya, tentu kita bisa dalami di Panja Illegal Mining di Komisi VII," ujar Eddy kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (14/1/2022).

Menurut dia, isu illegal mining dan pihak-pihak yang terlibat tentu harus menjadi perhatian. Namun, sebelum membeberkan sosok Tan Paulin sebagai Ratu Batu Bara, Komisi VII akan mencari data dan faktanya terlebih dulu.

"Tentu ini hal serius, jadi kita akan dalami dulu supaya data dan faktanya akurat," kata Eddy.

Bukan hanya terkait sosok Tan Paulin, Eddy juga mengatakan pihaknya akan melakukan penelusuran jika memang ada laporan terkait aktivitas illegal mining.

"Jika ada laporan masuk ke kami dengan dukungan fakta dan dan data yang kredibel, tentu akan kami dalami," ungkap Eddy.

Sebelumnya, Anggota DPR Komisi VII Muhammad Nasir mengkritik pemerintah yang tidak becus mengawasi tambang batu bara. Dia menyebut, ada sosok 'Ratu Batu Bara' yang kerap mengambil hasil tambang tersebut dan tidak melaporkannya ke pemerintah. Bahkan, uang yang dihasilkan dari penambangan ilegal itu mencapai Rp 2,5 triliun.

"Ada siapa ini namanya tadi, produksi 1 juta (ton) per bulan, tapi nggak laporan ke ESDM. Namanya Tan Paulin. Saya bilang, tangkap orang ini, siapa yang lindungi orang ini?" ujar Nasir dalam rapat, Kamis (13/1/2022).

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: