Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Pelindo Terima Kunjungan Danantara, Tegaskan Kesiapan Layani Angkutan Nataru
Advertisement . Scroll to see content

SPSL Gelar Customer Hearing untuk Tingkatkan Kualitas Layanan Logistik

Kamis, 28 Desember 2023 - 07:08:00 WIB
SPSL Gelar Customer Hearing untuk Tingkatkan Kualitas Layanan Logistik
Pelindo Solusi Logistik (SPSL) menggelar kegiatan Customer Hearing tahun 2023 sebagai upaya perusahaan dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan. (Foto: Dok. SPSL)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Subholding BUMN Kepelabuhanan Pelindo, PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) menggelar kegiatan Customer Hearing tahun 2023. Ini merupakan upaya perusahaan dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan di sektor logistik dan pengembangan hinterland.

Direktur Komersial dan Teknik SPSL, Ichwal Fauzi Harahap mengatakan, melalui kegiatan ini, SPSL menghimpun saran dan masukan dari para pelanggan guna mengevaluasi layanan yang diberikan perusahaan.

"Ini merupakan wujud komitmen perusahaan mendekatkan diri kepada para pelanggan. Dengan cara ini kami bisa mengetahui langsung kebutuhan, saran dan keluhan para pengguna jasa, guna meningkatkan kualitas pelayanan ke depan," ujar Ichwal di Jakarta, Rabu (27/12/2023).

Customer hearing yang dilakukan dalam kurun waktu kuartal keempat 2023 ini melibatkan para pengguna jasa SPSL dan anak perusahaan. Upaya ini menjadi bagian dari proses evaluasi pelayanan perusahaan, di mana seluruh umpan balik dari pengguna jasa dievaluasi secara menyeluruh. 

“Hasil evaluasi tersebut menjadi dasar untuk program peningkatan berkelanjutan, yang kemudian diintegrasikan dalam rencana kerja perusahaan. Tujuannya adalah menciptakan pelayanan yang unggul dan memastikan kepuasan pelanggan,” katanya.

Ichwal menjelaskan, Customer Hearing bukan hanya sebagai langkah untuk menjaga hubungan baik semata, namun juga menjadi bagian dari pengembangan perusahaan yang bertumpu pada pemenuhan kebutuhan pelanggan. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan standar pelayanan secara keseluruhan sehingga memberikan kemajuan dan keberhasilan bagi semua pihak terkait.

Pada kesesempatan tersebut, para pengguna jasa menyampaikan saran dan pendapat untuk perbaikan layanan ke depan. Salah satunya disampaikan oleh Haryson Bangun dari PT Tanto Sarana Deli, yang mengapresiasi kinerja SPSL Group.

"Kami cukup puas dengan kinerja SPSL Group. Saat ini lahan yang kami pakai tidak pernah banjir. Penerangan yang sebelumnya masih kurang, sekarang sudah ditingkatkan," kata Haryson.

Sementara Capt Agus Nurwahid dari PT Salam Pacific Indonesia Lines Cabang Makassar menyatakan bahwa pelayanan operasional SPSL Group, khususnya di Lapangan 100 Makassar berjalan lebih baik dari sebelumnya. Meski demikian, dia berharap adanya peningkatan kecepatan pelayanan yang terintegrasi dengan sistem operasi shipping line untuk pertukaran data real-time.

Ichwal kembali menegaskan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan layanan kepada pelanggan serta menciptakan ekosistem logistik yang terintegrasi. Fokus transformasi perusahaan untuk tahun 2024 antara lain meliputi ekspansi bisnis logistik, optimalisasi aset Pelindo yang belum termanfaatkan, dan komersialisasi area pendukung Terminal Kijing.

“Kami akan terus melakukan sistemisasi operasi dan digitalisasi pemasaran secara menyeluruh. Hal ini diharapkan mampu menciptakan bisnis yang lebih fleksibel dan kompetitif di seluruh wilayah layanan perusahaan,” kata  Ichwal.

Editor: Aditya Pratama

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut