Sri Mulyani: Dampak Perubahan Iklim Akan Dahsyat dari Covid-19

Rina Anggraeni ยท Jumat, 11 Juni 2021 - 13:33:00 WIB
Sri Mulyani: Dampak Perubahan Iklim Akan Dahsyat dari Covid-19
Menkeu Sri Mulyani

JAKARTA, iNews.id - Perubahan iklim atau climate change akan memberikan dampak besar kepada dunia. Bahkan, menurut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, dampak dari perubahan iklim atau climate change memberikan ancaman lebih besar dibanding Covid-19.  

Hal tersebut karena perubahan iklim bisa menyebabkan banyaknya bencana alam di sejumlah negara. Selain itu, juga bisa membahayakan ekonomi dunia, termasuk Indonesia.

"Dampak climate change akan dahsyat dari Covid-19  dan setiap negara harus menyiapkan dan berkontribusi. Salah satu studi adalah climate change saat ini mereset kesenjangan emisi," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Jumat (11/6/2021).

Dia mengatakan, dunia tengah dihadapkan pada dua bencana sekaligus, yakni pandemi Covid-19 dan risiko perubahan iklim. Semua negara juga memiliki tanggung jawab yang sama untuk menangani persoalan tersebut karena dampak perubahan iklim tidak mengenal batas negara.

"Ini sama kayak Covid-19, yang mana juga wara-wiri di setiap negara, begitu juga climate change," ujarnya.

Dia menambahkan, merujuk pada laporan yang digunakan sebagai referensi dalam pertemuan climate change dunia, suhu bumi saat ini meningkat 1,1 derajat celcius dibandingkan dengan kondisi pra-industrialisasi dan diperkirakan akan meningkat 3,2 derajat celcius pada 2030.

"Ini berarti akan melewati batas yang oleh para ahli disebutkan kenaikan suhu maksimal yang bisa ditahan bumi yaitu 1,5 hingga 2 derajat celsius,” ungkap Sri Mulyani.

Di Indonesia, dampak suhu yang lebih hangat itu misalnya terlihat dari meningkatnya permukaan air laut. Ini akibat es di kawasan kutub terus mencair.

"Konsekuensinya luar biasa, yaitu di berbagai belahan dunia kita melihat fenomena yang katastropikal," ujarnya.

Editor : Jujuk Ernawati