Sri Mulyani: World Bank dan IMF Sepakat Relaksasi Cicilan Utang Negara Miskin

Djairan ยท Senin, 23 November 2020 - 07:20:00 WIB
Sri Mulyani: World Bank dan IMF Sepakat Relaksasi Cicilan Utang Negara Miskin
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 menjadi isu sentral dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara-negara G20. Pertemuan virtual tersebut membahas vaksin corona hingga masalah pembiayaan.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pada KTT ini dibahas soal Debt Service Suspension Initiative (DSSI) yaitu inisiatif untuk memberikan fasilitas berupa relaksasi pembayaran utang bagi negara-negara miskin yang ekonominya sulit.

"Lembaga-lembaga multilateral seperti World Bank dan IMF telah menyepakati untuk memberikan relaksasi cicilan utang yang diperpanjang hingga pertengahan 2021," katanya lewat akun Instagram @smindrawati, Senin (23/11/2020).

Relaksasi tersebut, kata dia, agar negara berpendapatan rendah memiliki ruang fiskal yang memadai untuk penanganan Covid-19. Dalam skema tersebut, sebanyak 46 dari 77 negara dinyatakan memenuhi syarat agar ditunda pembayaran utangnya senilai 4,9 miliar dolar AS.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu mengatakan, kesepakatan yang diamini pada hari pertama tersebut menunjukkan komitmen dan fokus negara anggota G20 pada pemulihan ekonomi global.

"Serta menyamakan dukungan dari sisi kebijakan untuk bersama-sama memulihkan ekonomi akibat serangan pandemi Covid-19 yang sangat luar biasa," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah