Stafsus Erick Thohir Beri Bocoran Proses BSI Jadi BUMN

Suparjo Ramalan ยท Kamis, 29 September 2022 - 19:09:00 WIB
Stafsus Erick Thohir Beri Bocoran Proses BSI Jadi BUMN
Stafsus Erick Thohir beri bocoran proses BSI jadi BUMN

JAKARTA, iNews.id - Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga membocorkan mengenai progres Bank Syariah Indonesia (BSI) menjadi badan usaha milik negara (BUMN). Menurutnya, saat ini prosesnya sudah di tahap akhir. 

Dia menuturkan, meski pemerintah telah memberikan saham Merah Putih kepada BSI, namun secara kepemilikan saham masih pegang oleh Himbara. Karena itu, masih ada sejumlah tahapan yang harus dilalui BSI untuk menjadi BUMN.  

"Pokoknya lagi proses, pokoknya kita berusaha biar dia jadi BUMN. Ya tinggal final, kira-kira tinggal di ujung," kata Arya saat Ngopi BUMN di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Menurutnya, pengumuman status BSI menjadi BUMN akan dilakukan pemerintah dalam waktu dekat.

"Harusnya tidak lama, mudah-mudahan sebentar lagi. Ini tinggal finalisasi," ucapnya.

Arya mengungkapkan, BSI memiliki potensi besar untuk bertumbuh. Ini mengingat pangsa pasar keuangan syariah yang sangat besar.

"Kita melihat (BSI) ini bisa berkembang dan kita lihat peluangnya, masyarakat juga butuh itu, maka kita akan jadikan BUMN," ujarnya.

Pemerintah memang berkeinginan mengontrol penuh bisnis BSI. Salah satu skema yang digunakan melalui pemberian satu lembar saham Merah Putih, namun pemberian saham istimewa saja tak cukup bagi pemerintah. 

Mayoritas saham BSI saat ini dipegang oleh Himbara, yakni BNI, BRI, dan Bank Mandiri. Adapun Bank Mandiri mengantongi saham BSI sebesar 50,83 persen, BNI 24,85 persen, BRI 17,25 persen, dan pemegang saham lainnya termasuk publik 7,08 persen.

Keinginan BSI dijadikan BUMN mencul saat Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menuturkan harapannya pada Agustus lalu, supaya BSI ke depannya bisa menjadi salah satu bank Himbara, dan masuk ke dalam jajaran BUMN.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda