Startup RI Didominasi Fintech, Jokowi Dorong Pemanfaatan Bidang Pangan

Suparjo Ramalan ยท Senin, 26 September 2022 - 12:58:00 WIB
Startup RI Didominasi Fintech, Jokowi Dorong Pemanfaatan Bidang Pangan
Startup RI didominasi perusahaan fintech, Presiden Jokowi mengingatkan urusan pangan ke depan akan menjadi persoalan besar yang harus dipecahkan oleh teknologi. (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencatat perusahaan rintisan (startup) dalam negeri masih didominasi oleh perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan keuangan (fintech). Adapun angkanya mencapai 23 persen dari total startup yang ada di Tanah Air.

Startup kedua didominasi oleh sektor ritel atau 14 persen. Jokowi menilai startup di bidang pangan masih minim atau kurang, padahal pangan menjadi sektor yang subtansial bagi masyarakat. 

Kepala Negara mengingatkan urusan pangan ke depan akan menjadi persoalan besar yang harus dipecahkan oleh teknologi 

"Startup Indonesia ini tertinggi keenam di dunia, pertama memang Amerika, India, UK, Kanada, Australia, Indonesia nomor enam ini juga potensi besar yang harus kita kembangkan, tapi hati-hati dari kategori yang saya lihat memang sangat besar, masih di fintech 23 persen, kemudian ritel ada 14 persen, padahal tadi kalau kita lihat urusan masalah krisis pangan," ujar Jokowi saat membuka BUMN Startup Day 2022, Senin (26/9/2022). 

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda