Strategi Bisnis Dibalik Posisi Gerai Indomaret dan Alfamart, Mengapa Selalu Berdekatan?
JAKARTA, iNews.id - Ternyata ini strategi bisnis dibalik posisi gerai Indomaret dan Alfamart yang kerap berdekatan. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan dua minimarket modern, Indomaret dan Alfamart yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.
Namun, apakah kamu menyadari jika Indomaret dan Alfamart kerap membangun gerainya berdekatan? Dan apakah kamu tahu alasannya?
Simak ulasan iNews.id tentang alasan gerai Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan berikut ini.
Posisi gerai Indomaret dan Alfamart yang selalu berdekatan tersebut bukanlah tanpa alasan. Ternyata, kedua bisnis ritel tersebut memang sengaja memilih lokasi yang berdekatan sebagai salah satu strategi marketing. Tujuannya adalah untuk memperoleh permintaan pasar yang lebih besar.
Hal ini bisa dikulik dengan pendekatan Hotelling Theory, dimana turunan dari teori tersebut menjelaskan metode menguasai pasar seluas-luasnya dengan letak lokasi yang saling berdekatan. Walaupun keduanya memiliki jenis bisnis yang sama.
Pemilihan lokasi yang berdekatan bertujuan untuk mencari titik kesimbangan (equilibrium) demi merebut pasar dari kompetitor yang sudah ada. Dengan begitu, setidaknya kedua bisnis tersebut akan menghasilkan persentase keuntungan sebesar 50:50.
"Sebenarnya ketika Alfamart duluan yang datang ke lokasi, maka sebenarnya Alfamart sedang membangun ekosistem demandnya, nah ketika sudah terbentuk, maka Indomaret tidak perlu repot melakukan survei demand, sehingga dia ambil lokasi di situ, karena marketnya sudah dibentuk oleh Alfamart," kata Pakar Marketing dan Managing Partner Inventure, Yuswohady kepada MNC Portal Indonesia beberapa waktu lalu.
"Sebaliknya juga gitu, ketika Indomaret datang duluan di suatu kawasan dan marketnya terbentuk, maka itu akan membuat Alfamart datang," tambahnya.
Di sisi lain, cara ini juga dapat menghemat anggaran riset. Pasalnya, keberadaan suatu gerai di lokasi tertentu menunjukkan bahwa lokasi tersebut telah lolos uji kelayakan bisnis dan memiliki potensi pasar yang besar.
Jadi, itulah strategi bisnis dibalik posisi gerai Indomaret dan Alfamart yang selalu berdekatan
Editor: Komaruddin Bagja