Survei Terbaru Ungkap Milenial-Gen X Irit Makan, Gen Z Gaya Nomor Satu
Lebih lanjut, ia menjelaskan dari habit pengeluaran juga terdapat perbedaan yang mencolok di antara ketiganya. Adapun, pengeluaran prioritas Gen Z ada di lifestyle. Sedangkan, Milenial dan Gen X memprioritaskan pengeluaran ke kebutuhan dasar.
Edward memaparkan bahwa orientasi pengeluaran Gen Z yaitu sebesar 21 persen untuk kecantikan dan personal care, 20 persen untuk beli pakaian, dan 14 persen untuk makan di luar.
Sedangkan, milenial ditemukan bahwa orientasi pengeluaran untuk belanja kebutuhan sehari-hari 39 persen, pengeluaran untuk penggunaan elektronik 19 persen, dan pengeluaran kebutuhan rumah 16 persen.
Lalu, orientasi pengeluaran Gen X, sebesar 40 persen untuk belanja kebutuhan sehari, 36 persen pengeluaran untuk edukasi, dan 20 persen pengeluaran untuk penggunaan alat elektronik.
"Kalau kita lihat untuk generasi yang lebih tua ya, Milenial dan gen X, mereka merasa pengeluaran mereka lebih banyak untuk kebutuhan kebutuhan rumah, untuk bayar listrik, pendidikan, dan lainnya. Sedangkan untuk gen Z, terlihat pengeluarannya itu lebih banyak untuk kebutuhan personal mereka," tutur Edward.
Editor: Puti Aini Yasmin