Tak Hanya Penerbangan, AirAsia Jajaki Bisnis Pengiriman hingga Bank Digital

Djairan ยท Jumat, 25 September 2020 - 10:11 WIB
Tak Hanya Penerbangan, AirAsia Jajaki Bisnis Pengiriman hingga Bank Digital

CEO AirAsia Tony Fernandes. (Foto: AFP)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Maskapai penerbangan berbiaya rendah terbesar di Asia Tenggara, AirAsia mulai menjajaki pasar baru di luar bisnis penerbangan, yakni bisnis digital melalui AirAsia Digital. Hal itu guna mengembangkan AirAsia.com menjadi aplikasi super di ASEAN.

CEO AirAsia Tony Fernandes akan memulai pengembangan platform dengan layanan lengkap yaitu perjalanan, pengiriman makanan, belanja, logistik, layanan kesehatan hingga keuangan. Pihaknya optimistis dengan modal database 60 juta pelanggannya.

“Bahkan di tengah krisis akibat Covid-19 ini, AirAsia.com masih menjadi salah satu situs web dan aplikasi dengan lalu lintas paling tinggi di Asia Tenggara dan Asia. Kami akan membangun aplikasi yang lebih kuat untuk lebih banyak produk layanan,” ujar Fernandes dikutip dari The Star, Jumat (25/9/2020).

Dia menjelaskan, AirAsia Digital akan memiliki portofolio bisnis besar meliputi Teleport (operasi logistik lintas batas), BigPay (perusahaan fintech), BigLife (program loyalitas), Santan (makanan dan minuman), RedBeat Academy (pusat pelatihan yang bekerja sama dengan Google) dan Data Centre (unit konsultasi data). Pihaknya berencana agar BigPay bisa menjadi bank digital ASEAN pertama.

“Kami yakin dengan data dan brand kami, kami bisa menjadi bank digital ASEAN pertama. Kami akan mengajukan izin perbankan jika sudah tersedia dalam waktu tidak lama lagi,” kata dia.

Fernandes menunjukkan, BigPay sekarang adalah dompet elektronik terbesar berdasarkan ukuran nilai transaksi bruto di Malaysia dan juga akan diluncurkan di Singapura dalam beberapa minggu. BigPay diklaim sudah memiliki daftar tunggu hingga 20.000 orang di Singapura.

BigPay sendiri adalah aplikasi pembayaran, pengiriman uang dan produk pinjaman juga. Untuk meningkatkan kecepatan dan jumlah transaksi, beberapa fitur BigPay juga akan ada di Airasia.com. Fernandes juga mengatakan AirAsia Digital juga akan menawarkan lebih banyak produk asuransi selain asuransi perjalanan. Lalu ada juga AirAsia Connect, aplikasi saluran obrolan yang diklaim mirip dengan WeChat dari China.

Editor : Ranto Rajagukguk