Tangki Penyimpanan CPO Penuh Jadi Persoalan Baru yang Dialami Petani Sawit

Advenia Elisabeth ยท Selasa, 12 Juli 2022 - 17:13:00 WIB
Tangki Penyimpanan CPO Penuh Jadi Persoalan Baru yang Dialami Petani Sawit
Persoalan petani sawit dalam negeri tak kunjung usai. Kini muncul pengusaha kelapa sawit yang mogok menerima TBS sawit karena tangki penyimpanan CPO penuh. (foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Persoalan petani sawit dalam negeri tak kunjung usai. Mulai harga tandan buah segar (TBS) yang semakin murah, hingga kini muncul pengusaha kelapa sawit yang mogok menerima TBS sawit karena tangki penyimpanan crude palm oil (CPO) yang penuh. 

"Keluhan petani yang utama saat ini selain soal harga TBS yang terus turun di bawah Rp1.000 per kg, kini banyak pabrik yang tutup dan tidak mau menerima TBS petani dengan alasan tangki CPO mereka penuh," ujar Sekretaris Jenderal Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS), Mansuetus Darto kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (12/7/2022).

Dia mencontohkan di Kabupaten Siak, Riau, di mana mobil-mobil petani yang mengangkut TBS sawit bisa antre 2-3 hari untuk bisa masuk ke pabrik. 

"Kalau petani bisa menjual TBS mobil-mobil pengkut TBS bisa antre sampai 2-3 hari baru bisa bongkar di pabrik dengan harga yang terus berubah-ubah, harga sekarang itu bisa berubah sampai empat kali dalam satu minggu," kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda