Tekan Pengeluaran Garuda, Erick Thohir: Kita Fokus Negosiasi dengan Lessor

Suparjo Ramalan ยท Kamis, 16 September 2021 - 12:06:00 WIB
Tekan Pengeluaran Garuda, Erick Thohir: Kita Fokus Negosiasi dengan Lessor
Menteri Erick Thohir mengatakan sedang fokus negosiasi dengan lessor untuk menekan pengeluaran Garuda Indonesia. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, PT Garuda Indonesia Tbk sedang berupaya keluar dari lilitan utang. BUMN penerbangan itu, tercatat memiliki utang sebesar Rp70 triliun karena pengeluaran besar berupa biaya sewa (leasing) pesawat yang di luar batas wajar. 

Menurutnya, apa yang dialami emiten berkode GIAA itu karena kesalahan bisnis. Karena itu, kesalahan ini bisa dijadikan pelajaran di masa depan.  

"Khusus Garuda ini memang kesalahan yang kita juga tidak bermaksud apa-apa, tapi memang kita ingin menjadi bagian yang harus kita belajar," kata Erick dalam sesi wawancara dengan IDX Channel, dikutip Kamis, (16/9/2021). 

Sementara itu, Kementerian BUMN sebagai pemegang saham mayoritas memiliki sejumlah rencana besar untuk menyelamatkan Garuda Indonesia. Selain mendapat dukungan untuk merestrukturisasi utang emiten, juga melakukan perubahan model bisnis. 

Terkait restrukturisasi, Garuda telah mendapatkan persetujuan untuk merestrukturisasi utang dalam jangka panjang. Saat ini, manajemen telah menandatangani perjanjian dengan sejumlah BUMN dengan rata-rata jangka waktu tiga tahun.

Perjanjian itu disepakati dengan PT Pertamina (Persero), PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), dan Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI).

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: