Telkom Tutup Blanja.com per 1 September 2020, Ini Alasannya

Aditya Pratama ยท Rabu, 02 September 2020 - 10:00:00 WIB
Telkom Tutup Blanja.com per 1 September 2020, Ini Alasannya
Situs e-commerce Blanja.com tutup per 1 September 2020. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menutup layanan e-commerce Blanja.com mulai 1 September 2020. Proses transisi penutupan situs belanja online itu akan berlangsung hingga akhir bulan ini.

Direktur Digital Business Telkom, Fajrin Rasyid menyebut mulai 1 Oktober, perseroan hanya akan fokus pada bisnis e-commerce di segmen UMKM dan korporasi lewat skema transaksi business-to-business (B2B). Dia mengatakan, Telkom tengah mengembangkan e-commerce Pasar Digital (PaDi) UMKM.

"Telkom bersama delapan BUMN lain tengah aktif menjalankan inisiatif Kementerian BUMN dalam mendukung pemberdayaan UMKM, melalui pengembangan program PaDi UMKM untuk meningkatkan daya saing bangsa sebagai upaya mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Fajrin lewat keterangan tertulis, Rabu (2/9/2020).

Fajrin menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan masyarakat serta stakeholder yang selama ini bergabung dan memanfaatkan fasilitas transaksi ritel Blanja.com, terutama pelaku bisnis di seluruh Indonesia.

"Selanjutnya, Blanja.com akan menyelesaikan hal-hal yang terkait penyelesaian kemitraan bisnis ritel sesuai dengan kesepakatan dan ketentuan yang berlaku," tuturnya.

Penutupan Blanja.com oleh Telkom diumumkan di situs tersebut. Sejak kemarin, pengguna tak bisa melakukan transaksi di situs belanja yang bekerja sama dengan eBay. Berikut pengumuman yang dikutip iNews..id:

Teman BLANJA yang terhormat,

Dengan adanya perubahan strategi bisnis yang dilakukan oleh BLANJA.com, maka kami sampaikan bahwa terhitung mulai 1 September 2020 seluruh kegiatan pembelian di BLANJA akan dihentikan. Adapun untuk pembelian, penjualan, pembayaran dan pengiriman yang masih dalam proses, masih bisa diselesaikan.

Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang terjalin baik selama ini antara BLANJA dan Teman BLANJA.

Selanjutnya kami himbau Teman BLANJA untuk melakukan penarikan saldo pada Dompet BLANJA sebelum tanggal 30 September 2020 dengan memperhatikan hal-hal berikut ini:

Cara penarikan saldo Dompet BLANJA sebelum 30 September 2020 bisa dilihat di bawah laman ini, atau pada tautan berikut klik disini untuk versi mobile dan klik disini untuk versi dekstop
Cara penarikan saldo Dompet BLANJA mulai 1 Oktober 2020 bisa dengan mengirimkan email ke support@blanja.com dengan email yang terdaftar di BLANJA dan melampirkan file identitas diri (KTP dan copy buku rekening).

Apabila terdapat kendala dalam proses penarikan Dompet Blanja dan untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan mengirimkan email ke: support@blanja.com .

Salam Hangat,

Tim BLANJA

Editor : Rahmat Fiansyah