Tenaga Kerja China Masuk RI, Sesmenko Perekonomian Sebut TKA Beda dengan Mudik

Antara ยท Senin, 17 Mei 2021 - 19:36:00 WIB
Tenaga Kerja China Masuk RI, Sesmenko Perekonomian Sebut TKA Beda dengan Mudik
Sekretaris Kementerian Koordinator Perekonomian, Susiwijono Moegiarso. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id -  Tenaga kerja asing (TKA) asal China masuk ke Indonesia selama periode larangan mudik (6-17 Mei 2021). Kedatangan mereka untuk kebutuhan investasi.

Sekretaris Kementerian Koordinator Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan TKA diizinkan masuk ke Tanah Air karena berkaitan dengan aktivitas industri strategis.

“Kebutuhan TKA ini konteksnya beda dengan mudik, ini kan karena terkait dengan jadwal produksi dari beberapa industri yang sangat strategis untuk perekonomian kita yang memang investasinya dari asing, dari China dan sebagainya," katanya secara virtual, Senin (17/5/2021).

Sesmenko menyampaikan kedatangan TKA China melalui udara akan difokuskan di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara.

“Kita sepakati untuk yang lewat udara pun akan difokuskan karena sebagian besar industri di Sulawesi, melalui pelabuhan udara di Manado. Jadi pengaturan kebijakan sudah dijelaskan oleh Pak Menhub,” tuturnya.

Dia meminta masyarakat tidak hanya melihat dari TKA karena pada prinsipnya pemerintah hanya melarang kegiatan mudik. Sementara warga lokal tidak dilarang melakukan hal di luar mudik.

“Kegiatan normal apapun yang bukan dalam konteks mudik, kegiatan bisnis, kegiatan usaha apapun sebenarnya tidak ada yang kami larang, kami tetap ingin menjaga dari sisi ekonominya,” ucapnya

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2