Terbesar di Indonesia, Terminal 4 Bandara Soetta Masuk Tahap Penetapan Desain

Antara ยท Kamis, 22 Agustus 2019 - 16:19 WIB
Terbesar di Indonesia, Terminal 4 Bandara Soetta Masuk Tahap Penetapan Desain

Bandara. (Foto: ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - PT Angkasa Pura II (Persero) tengah menggarap proyek Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta. Proyek terminal bandara terbesar di Indonesia itu masuk dalam tahap penetapan desain.

Plh Senior Vice President Head of Corporate Secretary and Legal AP II, Achmad Rifai menyebut, desain terminal 4 bandara akan diterapkan setelah tahapan penjurian desain berlangsung pada 20-21 Agustus 2019..

"Penjurian desain mencakup penilaian terhadap desain konseptual, desain skematik, desain pengembangan, dan desain teknis," kata dia, Kamis (22/8/2019).

Yang jelas, Rifai menyebut, konsep desain interior terminal 4 bersifat futuristik namun tetap mengadopsi kebudayaan lokal. Saat ini, dia mengungkapkan ada dua konsorsium yang lolos seleksi dan mengikuti proses penjurian desain Terminal 4 Bandara Soetta.

Setelah tahap ini selesai, tahap selanjutnya yaitu konstruksi terminal. Dia optimistis proses pembangunan akan berjalan dengan baik karena tidak ada masalah dengan pembebasan lahan.

"Seluruh kebutuhan tanah sudah dimiliki oleh Angkasa Pura II, sehingga kami targetkan proses konstruksi bisa dilakukan dengan lancar," ucapnya.

Rifai menambahkan, terminal 4 Bandara Soetta akan menempati lahan seluas 130 hektare (ha). Saat ini, tanah tersebut dipakai untuk lapangan golf, kantor, dan terminal kargo.

"Seiring dengan pembangunan terminal 4, maka kawasan kargo akan dipindah dan dikembangkan menjadi cargo village yang juga dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia," katanya.

Dia menyebut, terminal 4 bakal menjadi yang terbesar di Tanah Air karena mampu menampung hingga 40 juta penumpang per tahun. Kapasitas ini melampaui Terminal 3 Bandara Soetta yang saat ini menampung 25 juta penumpang per tahun.


Editor : Rahmat Fiansyah