Tips Pertahankan Bisnis Coffee Shop di Tengah Persaingan Ketat
JAKARTA, iNews.id - Menjamurnya bisnis kedai kopi (coffee shop) tentu memberikan tantangan bagi para pebisnis yang bergerak dalam sektor tersebut. Berbagai upaya harus dilakukan untuk menjadikan bisnisnya tetap relevan di tengah - tengah ketatnya persaingan.
Pemilik dari Upala Coffee & Eatery Fajar Gilang Garnida menilai pebisnis perlu untuk terus melakukan berbagai inovasi dan evaluasi agar bisnisnya bisa bertahan. Salah satu inovasi yang bisa dilakukan adalah mengembangkan menu baru atau mengevaluasi menu yang sudah ada.
"Pebisnis bisa melihat apakah menu yang sudah ada sesuai dengan selera dan lidah dari para pembeli. Pebisnis juga bisa terus mengembangkan menu yang sedang tren di masyarakat, namun disesuaikan dengan perilaku dan minat dari konsumen di masing-masing daerah," kata Fajar Gilang Garnida dalam Outside Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia Partai Perindo, Selasa (28/3/2023).
Gilang mencontohkan, pihaknya menyediakan ragam menu yang sesuai dengan tren di masyarakat, seperti ragam kopi, rice bowl dan bahkan waffle. Hal ini tentu dilakukan untuk mengikuti perkembangan. Menurutnya, pebisnis harus bisa beradaptasi dan tidak takut untuk melakukan berbagai perubahan.
“Memang harus disesuaikan ya, tentu untuk menarik pembeli,” ungkap Fajar.
Selain itu, pemanfaatan sosial media juga dinilai penting untuk memasarkan bisnisnya. Hal ini berlaku bagi coffee shop yang menawarkan atau menjual tempat yang nyaman dan instagramable. Menurut Gilang, postingan di sosial media harus dapat menunjukan suasana yang ditawarkan, sehingga masyarakat bisa tertarik untuk datang.
“Sosial media masih menjadi andalan. Makanya pebisnis harus benar - benar mengerti untuk bisa menampilkan coffee shop dengan cara menarik,” tutr Fajar.
Editor: Jeanny Aipassa