Transaksi Dagang di Pasar Tanah Abang Mulai Meningkat

Antara · Sabtu, 01 Januari 2022 - 21:39:00 WIB
Transaksi Dagang di Pasar Tanah Abang Mulai Meningkat
Pasar Tanah Abang telah menunjukkan adanya peningkatan transaksi dagang sejak awal Desember 2021, salah satunya dipengaruhi jelang Ramadan dan Lebaran 2022. (foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Pengelola Blok A Pasar Tanah Abang Jakarta Heri Supriyatna menyebut bahwa pasar sudah mulai menggeliat dan terdapat peningkatan transaksi dagang. Peningkatan tersebut terjadi sejak awal Desember 2021, salah satunya dipengaruhi momen jelang bulan Ramadan dan Lebaran 2022.

Heri menuturkan, terdapat peningkatan transaksi perdagangan antara pedagang dengan retailer dari daerah sebesar 75-80 persen di Desember 2021 dibanding Desember 2020 terutama pada masa Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Nataru tahun 2020 konsumen dan pedagang masih takut untuk melakukan berbelanja dan kebijakan-kebijakan pemerintah masing sangat ketat (sehingga) orang dari daerah masih sangat sulit untuk masuk ke Jakarta,” ujar Heri dikutip dari Antara, Sabtu (1/1/2022).

Meski di 2022 ada kelonggaran kegiatan masyarakat, Heri menyebut masih terdapat hambatan dalam transaksi dagang karena berkurangnya konsumen potensial dari daerah yaitu para retailer.

Dia menganggap, perdagangan di Tanah Abang sangat dipengaruhi kondisi perdagangan di daerah yang kini mengalami perlambatan ekonomi.

Ditambah, konsumen dari berbagai negara di Asia Tenggara yang belum melakukan transaksi dagang di Pasar Tanah Abang, khususnya Malaysia. Hal ini disebabkan kondisi di negara-negara tersebut belum stabil akibat terimbas pandemi COVID-19 dan adanya pembatasan pintu internasional.

“Retailer yang bertransaksi di Tanah Abang masih jauh dari kondisi normal (dibanding sebelum pandemi),” ucap Heri.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda