Transaksi Non Tunai Tumbuh Pesat, JCB Bidik Fintech Indonesia

Jeanny Aipassa ยท Senin, 11 April 2022 - 14:35:00 WIB
Transaksi Non Tunai Tumbuh Pesat, JCB Bidik Fintech Indonesia
Logo JCB Indonesia. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Transaksi non tunai di Indonesia melalui financial technology (fintech) dinilai bertumbuh pesat dan memiliki potensi pasar yang strategis diantara negara-negara ASEAN. 

Presiden Direktur JCB Indonesia, Takumi Takahashi, mengatakan perkembangan transaksi non tunai di kawasan Asia Tenggara sangat potensial dengan populasi dan ekonomi yang terus bertumbuh. 

Apalagi dalam hal transaksi perbankan, penduduk ASEAN yang memiliki akun bank dan kartu kredit masih rendah dibandingkan dengan total jumlah penduduk. 

"JCB sebagai perusahaan pembayaran global asal Jepang yang konsen dengan perkembangan ekonomi di Asia Tenggara, menilai Indonesia adalah salah satu negara di kawasan ASEAN yang memiliki potensi sangat strategis dengan pertumbuhan transaksi non tunai yang sangat cepat," ujar Takumi Takahashi, dalam keterangan, Senin (11/4/2022)

Menurut dia, untuk memperkuat layanannya di kawasan Asia Tenggara, JCB telah mendirikan ASEAN Business Enhancement and Creation Department di Singapura pada Juni 2021. 

Melalui ASEAN Business Enhancement and Creation Department, JCB dapat berkolaborasi dengan mitra di Asia Tenggara dan berinvestasi di startup dengan lebih leluasa. 

Terkait dengan itu, JBS membidik kerja sama dengan fintech Indonesia untuk memfasilitasi transaksi pembayaran non tunai dan berinvestasi di startup. 

Sebagai wujud komitmennya memperluas kemitraan di Asia Tenggara, JCB telah berinvestasi pada Soft Space - perusahaan financial technology Malaysia yang menyediakan perangkat Tap on Mobile sebagai salah satu lini bisnis barunya di ASEAN. 

Investasi sekitar 5 juta dolar AS pada Soft Space memberikan kesempatan kepada JCB mendapat lisensi untuk mengeluarkan kartu dan mengakuisisi merchant di Malaysia. 

"Menyusul kemitraan dengan Soft Space Malaysia, JCB berharap dapat segera beraliansi dengan mitra dan perusahan lain di Indonesia, bahkan Vietnam, Filipina, dan Thailand dalam waktu dekat," kata Takumi Takashi. 

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda