Tumbuhkan Pangsa Pasar, Malaysia Akan Pangkas Tarif Pajak Ekspor CPO

Athika Rahma ยท Rabu, 11 Mei 2022 - 14:11:00 WIB
Tumbuhkan Pangsa Pasar, Malaysia Akan Pangkas Tarif Pajak Ekspor CPO
Pemerintah Malaysia mempertimbangkan pemotongan tarif pajak ekspor CPO untuk membantu kekurangan suplai minyak dan menumbuhkan pangsa pasar. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Malaysia mempertimbangkan pemotongan tarif pajak ekspor minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO). Hal ini untuk membantu kekurangan suplai minyak dan menumbuhkan pangsa pasar.

Dikutip dari Reuters, Menteri Industri Perkebunan dan Komoditas Malaysia Zuraida Kamaruddin menuturkan, pihaknya tengah mengajukan gagasan ini kepada Menteri Keuangan Malaysia, Tengku Datuk Seri Utama Zafrul bin Tengku Abdul Aziz. Sebelumnya, menteri keuangan telah membentu komite untuk membahas hal ini.

Zuraida menyebut, Malaysia akan memotong pajak menjadi 4 persen hingga 6 persen dari tarif awal 8 persen. Keputusannya akan disusun pada Juni mendatang.

Malaysia sendiri memang sedang meningkatkan pangsa pasar CPO, terutama sejak invasi Rusia ke Ukraina yang mengganggu pengiriman minyak bunga matahari serta larangan ekspor minyak sawit dari Indonesia.

"Dalam krisis ini mungkin kita bisa bersantai sedikit dan lebih banyak minyak sawit bisa diekspor," ujar Zuraida dikutip, Rabu (11/5/2022).

Dalam proposal yang diajukan, pihaknya juga meminta agar menteri keuangan mempercepat pemotongan pajak untuk produsen minyak sawit Malaysia terbesar, FGV Holdings.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: