Uni Eropa Gagal Capai Kesepakatan Embargo Minyak Rusia

Jeanny Aipassa ยท Kamis, 12 Mei 2022 - 15:36:00 WIB
 Uni Eropa Gagal Capai Kesepakatan Embargo Minyak Rusia
Kilang Minyak Rusia. (Foto: Reuters)

BRUSSELS, iNews.id - Uni Eropa gagal mencapai kesepakatan tentang embargo minyak Rusia. Hal itu, disebabkan penolakan dari Hungaria.

Pekan lalu, Uni Eropa mengusulkan embargo minyak Rusia secara menyeluruh untuk memutus salah satu sumber utama pendapatan negara beruang merah itu. 

Namun dalam pertemuan Uni Eropa, pada Rabu (11/5/2022), para diplomat kembali gagal membahas solusi, sehingga pertemuan kembali berakhir tanpa kesepakatan.

Usulan Uni Eropa tentang embargo minyak Rusia ditentang Hungaria. Menteri Luar Negeri (Menlu) Hubgaria, Peter Szijjarto, mengatakan embargo minyak Rusia akan menghancurkan ekonomi Hungaria.

"Tawaran Uni Eropa tidak memberikan solusi untuk masalah besar yang akan ditimbulkan bagi ekonomi Hongaria," ujar Peter Szijjarto.

Menlu Hungaria mengatakan dalam sebuah video di halaman Facebook-nya bahwa setelah pembicaraan yang dilakukan sejauh ini, Komisi Eropa tidak memiliki solusi yang jelas untuk mengatasi pasokan minyak gan gas di negara-negara benua Biru.

"Sehingga satu-satunya cara untuk mencapai kesepakatan tentang embargo minyak Rusia adalah jika itu diterapkan pada pengiriman minyak maritim. Sedangkan pengiriman minyak Rusia melalui pipa akan sepenuhnya dikecualikan," kata Peter Szijjarto.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda